Mahasiswa Poltekpar Makassar Juara Lomba Masak di Bali

Mahasiswa Poltekpar Makassar Juara Lomba Masak di Bali

Makassar, Upeks.co.id — Mahasiswa Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar berhasil meraih juara pertama pada ajang National Butchery & Cooking Competition 2023 yang berlangsung di The Laguna Nusa Dua Hotel pada 24-25 Oktober 2023. Mahasiswa tersebut adalah Muhammad Nabil Azhar yang merupakan mahasiswa semester 3 prodi Seni Kuliner (SKU).

Nabil berhasil menjadi juara pertama pada kategori Tourism school dan berhasil mengalahkan tujuh orang peserta lainnya yang berasal dari beberapa sekolah kuliner ternama di Provinsi Bali. Atas prestasinya tersebut sebagai juara pertama dirinya berhak mendapatkan piala dan uang tunai sejumlah Rp 3.500.000,- . Sebagai Juara 1 dirinya juga akan mewakili Bali untuk mengikuti lomba tingkat nasional di Jakarta pada bulan November mendatang.

Bacaan Lainnya
 

Nabil mengungkapakan bahwa pada kompetisi tersebut setiap peserta diharuskan melakukan proses Butchering (jenis-jenis potongan daging sapi). Setelah itu peserta harus mengolah potongan daging tersebut menjadi 1 menu makanan. Pada kompetisi tersebut dirinya membuat masakan “Beef Buntil Gulai Sauce with lawar sapi” yang merupakan olahan daging dan daun singkong muda dengan kuah gulai.

“Beef Buntil sendiri terinspirasi dari masakan dari seorang chef Bernama Agung Gede, ketapi untuk sausnya saya ubah menjadi saus gulai yang terinspirasi dari warung warung sate dipinggir jalan” ujarnya.

National Butchery & Cooking Competition 2023 merupakan kegiatan yang digelar oleh Meat and Livestock Australia (MLA) yang merupakan merupakan badan riset dan pengembangan serta pemasaran yang mewakili industri daging merah dan peternakan sapi Australia bekerjasama dengan Stockyardbeef, Aussie Beef & Lamb Indonesia dan Classic Fine Food Indonesia.(rls)