Mahasiswa Asal Jepang Belajar di Magister Pendidikan Sosiologi Unismuh

Mahasiswa Asal Jepang Belajar di Magister Pendidikan Sosiologi Unismuh

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Akiho Tsuji, Mahasiswa asal jepang yang mengikuti Program Darmasiswa saat ini sedang belajar di Magister Pendidikan Sosiologi di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.

Program Darmasiswa ini merupakan program beasiswa yang ditawarkan kepada seluruh mahasiswa asing yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia untuk belajar Bahasa, Seni dan Budaya.

Bacaan Lainnya
 

Akiho pernah menempuh pendidikan S1 Faculty of policy management, Keio University Shonan Fujisawa Campus (SFC) dan melanjutkan S2 Graduate school of Media and Governance, di Kampus yang sama.

Akiho Tsuji bertemu dengan Ketua Prodi S2 Pendidikan Sosiologi, Kaharuddin PhD pada Selasa, 24 Oktober 2023 di Gedung Pascasarjana Unismuh Makassar.

Pertemuan tersebut dalam rangka orientasi perkuliahan yang akan diikuti Akiho di Prodi Magister Pendidikan Sosiologi Unismuh Makassar.

Selain mengikuti kelas, Akiho Tsuji juga diminta untuk berbagi pengalaman kuliah selama di Jepang dan Akiho juga akan diberikan kesempatan untuk berbaur dengan mahasiswa jurusan Sosiologi di Unismuh.

Selain Akiho Tsuji, ada beberapa mahasiswa asing yang mengikuti program Darmasiswa di Unismuh Makassar mereka adalah San Sano dari Jepang dan Syed Adeel Sajid yang berasal dari Pakistan.

“Mereka tiba di Jakarta pada 28 Agustus 2023 dan mengikuti kegiatan orientasi hingga 31 Agustus sebelum berangkat ke Makassar,” ucap penanggungjawab program tersebut di Unismuh Makassar, Wildan Burhanuddin.

Mahasiswa yang mengikuti program darmasiswa ini akan menghabiskan 10 bulan di Unismuh untuk mempelajari bahasa dan budaya lokal.

Program Darmasiswa pertama kali dimulai pada 1974 sebagai bagian dari inisiatif ASEAN dan kini melibatkan lebih dari 80 negara. (aca)