Kabupaten Kolaka Menuju Digitalisasi Transaksi Elektronik

Kabupaten Kolaka Menuju Digitalisasi Transaksi Elektronik

KOLAKA, UPEKS.co.id—Penjabat Sekda Kolaka Sultra H Muh Bakri juga Asisten I Setda Kolaka dikonfirmasi wartawan usai membuka sosialisasi menuju digitalisasi transaksi elektronik berlangsung disalah satu hotel di Kolaka pada(19/10/2023).

Sekda Bakri mengungkapkan bahwa pada intinya sosialisasi adalah bagaimana Kabupaten Kolaka menjadi daerah digital, artinya kata Bakri bahwa semua kegiatan transaksi-transaksi itu tidak ada lagi secara tunai termasuk penarikan retribusi perparkiran, pembayaran retribusibusi sampah, maupun traksaksi pembayaran pajak.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya dengan bekerjasama Bank Sultra dengan membuat aplikasi namanya aplikasi Qris dalam melakukan transaksi sehingga tidak ada lagi hal-hal bisa mencurigakan, masalah kebocoran penarikan retribusi maupun pajak-pajak pendapatan daerah lainnya.

“Jadi nantinya dengan melalui aplikasi Qris tidak ada lagi pembayaran tunai, bahkan kedepannya seperti membeli tiket semuanya melalui aplikasi, dan sebenarnya Pemda Kolaka sudah melaksanakan sistim ini sudah tahap 85 persen,”ungkap Sekda.

Lanjutnya bahwa kecepatan dalam menerapkan aplikasi ini dimasyarakat kata Sekda tergantung pihak Bank Sultra dalam melakukan sosialisasi aplikasi Qris ini kepada masyarakat.

Sosialisasi digitalisasi ini dilaksanakan oleh Badan Pendapatan Daerah(Bapenda) Kolaka untuk percepatan perluasan dan digitalisasi E-SPTPD, E-PBB pembayaran pajak daerah melalui ATM BPD Sultra, Indomaret, Saldomu dan Tokopedia. Acara tersebut Bapenda mendatangkan beberapa narasumber diantaranya Aryo Wibowo T Prasetyo Deputi Perwakilan BI Sultra, Kabag Pemasaran Jasa BPD Sultra

Fauzi Djibran, Direktur PT. Nata Solusi Jakarta Haryono, dan  Direktur PT.Pembayaran Lintas Usaha Jakarta Fitri.

Sosialisasi ini dihadiri Penjabat Sekda Kolaka H Muh Bakri mewakili Bupati Kolaka membuka acara, Kepala Bapenda Muh Ridha Tahrir, jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah(OPD) Pemda Kolaka, dan jajaran ASN Pemda Kolaka.(pil)