Himpun Dana Abadi Alumni, Unhas Hadirkan 250 Tokoh di Gala Dinner Unhasku Bersatu, Unhasku Kuat

Himpun Dana Abadi Alumni, Unhas Hadirkan 250 Tokoh di Gala Dinner Unhasku Bersatu, Unhasku Kuat

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Universitas Hasanuddin (Unhas) akan menghadirkan 250 tokoh dari berbagai latar belakang keilmuan.

Tokoh-tokoh tersebut berasal dari para alumni yang tersebar di beberapa provinsi dan kota di Indonesia. Tak hanya itu saja, panitia juga akan mengundang beberapa pihak yang sudah lebih dulu menjadi partner Universitas Hasanuddin.

Bacaan Lainnya

Mereka berkumpul dalam kegiatan besar bertajuk ‘Gala Dinner Unhasku Bersatu, Unhasku Kuat’ yang rencananya dihelat, Sabtu 18 November mendatang di Kota Makassar.

Kegiatan itu di-inisiasi oleh Direktorat Hubungan Abadi dan Pengembangan Dana Abadi Unhas yang dikomandoi Sakka Pati sebagai ketua panitia.

“Persiapannya tengah kami rancang dan sudah bekerja sejak tiga pekan lalu,” kata Sakka Pati usai rapat kesepakatan pihak panitia yang digelar di Home Town Kopizone, Jalan Boulevard pekan lalu.

Adapun mereka yang terlibat dalam kegiatan, lanjut Akademisi Unhas itu adalah pihak pengurus IKA Unhas seperti dari PP IKA Unhas, PW IKA Unhas Sulawesi Selatan, pengurus IKA dari berbagai Fakultas Unhas.

Penggalangan dana Abadi melalui Gala Dinner merupakan program Direktorat Hubungan Abadi dan Pengembangan Dana Abadi Universitas Hasanuddin (UNHAS), dibidangi Wakil Rektor III Prof. Farida Patittingi.

Selain sebagai ajang silaturahmi antar alumni dan pihak rektorat Unhas agenda ini juga bertujuan menggalang dana dari para alumni Unhas pasca Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTNBH) diterapkan di Universitas Hasanuddin.

Berdasarkan peraturan pemerintah (PP) No. 26 tahun 2015 jo PP no. 8 tahun 2020 tentang bentuk dan mekanisme pendanaan PTNBH yakni berasal dari APBN dan sumber sumber lain.

“Dengan dasar itulah pada setiap kampus dibentuk lembaga otonom yakni Dana Abadi yang dihimpun dari para alumni. Seperti Dana Abadi Universitas Hasanuddin” Jelas Direktur Direktorat Dana Abadi Dan Hubungan Antar Alumni Unhas Dr. Andi Muhammad Akhmar.

Jebolan Fakultas Ilmu Budaya Unhas ini menambahkan Dana Abadi Unhas akan dikelola secara khusus di mana hasil dari pengelolaan dan investasi dana tersebut akan dipergunakan untuk mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Seperti pemberian beasiswa kepada mahasiswa, pengabdian kepada masyarakat, penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen,” tandasnya.

Untuk itulah dia berharap Alumni Unhas dapat berpartisipasi dan memberi kontribusi kepada almamater melalui Dana Abadi.

Seperti yang telah dipraktikkan oleh alumni alumni kampus lain di Indonesia yang telah lama ikut membantu almamater nya melalui donasi dan semacamnya.

“Salah satu kegiatan dan sekaligus memperkenalkan kehadiran Dana Abadi Unhas itu yaitu melalui Gala Dinner yang menjadi program dirhapda dan didukung alumni Unhas” Tutup Andi Akhmar. (mah)