Berlangsung Khidmat, Apel Upacara Peringatan Hari Santri 2023 di Pondok Pesantren Al Fakhriyah Makassar

Berlangsung Khidmat, Apel Upacara Peringatan Hari Santri 2023 di Pondok Pesantren Al Fakhriyah Makassar

Makassar, Upeks–Puncak peringatan hari santri nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2023 digelar dalam bentuk Upacara apel hari santri digelar secara serentak di seluruh Indonesia Ahad.

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Makassar memperingati upacara hari santri bersama di Pondok Pesantren Multidimensi Al Fakhriyah yang terletak dikawasan Jl. Tol Ir. Sutami Kelurahan Bulurokeng Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.

Bacaan Lainnya

Prosesi upacara apel hari santri berlangsung dengan khidmat, dengan pembina upacara Katib Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Sulawesi Selatan Gurutta KH. M. Ruslan Wahab dan Inspektur Upacara Kasatkorcab Banser Kota Makassar Haryono.

Dalam amanatnya KH. M. Ruslan Wahab berpesan kepada para santri bahwa upacara peringatan hari santri yang digelar tiap tahun menjadi bukti akan peran kaum santri, pesantren dan para ulama dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Resolusi Jihad yang dikeluarkan oleh KH. Hasyim Asy’ari ulama besar dan pendiri Nahdlatul Ulama merupakan tonggak sejarah kiprah dan peran kaum santri.

“Harus bangga menjadi santri, kalian adalah generasi umat Islam, generasi bangsa Indonesia, yang menjadi pasak bumi-Nya Allah Swt dan menjadi tolak bala bagi makhluk di bumi,”ungkapnya.

Upacara hari santri diisi dengan atraksi hiburan seni bela diri yang diperagakan oleh para santri pondok pesantren multidimensi Al Fakhriyah Makassar.

Hadir mengikuti upacara di pondok pesantren yang didirikan oleh Prof. KH. Muammar Bakry Rektor Universitas Islam Al Gazali Makassar yang juga Imam Besar Masjid Al Markaz Al Islami ini dihadiri oleh Pimpinan Pondok KH. Taufiqurrahman beserta seluruh pembina dan guru pondok pesantren multidimensi Al Fakhriyah Makassar.

Sementara dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Makassar hadir Usman Sofian, H. Abd. Rahman Bahnadi, Ketua Lembaga Takmir Masjid NU Kota Makassar Jusman Karim, Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kecamatan Biringkanaya Dr. Muhammad Ilyas, Kader Ansor Banser dan beberapa Pengurus Cabang, Lembaga, Badan Otonom, MWC NU dan Pengurus Ranting NU lingkup Kota Makassar, sebut H. Abd. Rahman Bahnadi selaku Plh. Sekretaris Tanfidziyah PCNU Kota Makassar. (rls)