Piala Presiden Esport 2023,

Berbagai Persiapan Dijalani Jelang Babak Main Event

Berbagai Persiapan Dijalani Jelang Babak Main Event

 

JAKARTA, UPEKS.co.id — Kejuaraan olahraga elektronik Piala Presiden Esports (PPE) 2023 segera memasuki babak Main Event pada 21-22 Oktober mendatang. Dengan mengusung tema “Esports Untuk Negeri” di setiap edisi gelarannya, Piala Presiden Esports diharapkan mampu memberikan kesempatan bagi seluruh kalangan mulai dari pemain amatir hingga profesional untuk mengasah kemampuan dan meraih prestasi membanggakan melalui esports.

Bacaan Lainnya

Segudang lapangan pekerjaan lahir dari perkembangan industri esports di Indonesia, baik sebagai atlet profesional maupun kru yang bekerja di balik layar. Hal itu menjadi salah satu upaya dari Piala Presiden Esports untuk terus mencetak talenta baru dalam ekosistem esports tanah air.

Dalam konferensi pers jelang babak main event Piala Presiden Esports 2023 yang diselenggarakan pada Jumat (13/10), Debora Imanuella, Ketua Bidang Hubungan Masyarakat dan Komunikasi, Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) mengatakan bahwa Piala Presiden Esports yang dihelat oleh pemerintah Republik Indonesia memiliki peran penting dalam regenerasi atlet di Indonesia.

“Piala Presiden Esports memiliki peran yang sangat penting dalam memacu perkembangan dan kemajuan esports di Indonesia, baik prestasi, industri – terutama pengembangan gim- gim lokal, maupun ekosistemnya. Piala Presiden Esports juga berkontribusi dalam mendukung proses regenerasi atlet. Kontribusi tersebut sangat kritikal dan sangat diperlukan untuk proses regenerasi guna melahirkan talenta-talenta esports baru yang berpotensi untuk menjadi andalan Indonesia dalam meraih prestasi tertinggi di kejuaraan- kejuaraan tingkat internasional di masa mendatang,” ujarnya.

Senada dengan PB-ESI, Rangga Danu Prasetyo selaku Ketua Penyelenggara Piala Presiden Esports 2023 mengatakan jika Piala Presiden Esports mengemban misi sebagai panggung untuk pengembang gim asal Indonesia menunjukkan hasil karyanya. Ia juga menekankan untuk pertama kalinya jumlah gim lokal lebih banyak dari gim besutan developer mancanegara.

“Kami sangat bangga bisa kembali bekerja sama dengan Lokapala dan Battle of Guardians, sebagai dua gim lokal yang dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2023. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, jumlah gim lokal di Piala Presiden Esports lebih banyak dari gim garapan developer mancanegara. Semoga Piala Presiden Esports bisa menjadi katalis untuk mewujudkan harapan dari pemerintah Republik Indonesia yang ingin membuat gim lokal menjadi raja di pasar gim dalam negeri,” kata Rangga Danu Prasetyo.

Apresiasi terhadap Piala Presiden Esports 2023 datang dari atlet Lokapala asal tim Mahadewa, Denis Haris Prayogo yang akan berlaga di babak main event. Ia mengucapkan terima kasih kepada Piala Presiden Esports 2023 yang kembali mempertandingkan gim Lokapala.

“Saya mewakili rekan-rekan satu tim yang lain, ingin mengucapkan terima kasih buat Piala Presiden Esports yang kembali mempertandingkan gim Lokapala. Turnamen ini menjadi salah satu turnamen yang sudah kami tunggu-tunggu setiap tahun. Apalagi motivasi kami tahun ini sangat besar, yaitu menjadi juara bersama tim Mahadewa untuk pertama kalinya,” ucap Denis Haris Prayogo.

Senada dengan Denis, Yosi “Ucupbadmann” Prameista selaku atlet dari nomor gim Battle of Guardians, mengaku antusias untuk bertanding di babak main event Piala Presiden Esports 2023.

Ucupbadmann berharap dirinya mampu membawa pulang gelar juara setelah dalam edisi sebelumnya, perjalanannya harus terhenti di babak kualifikasi. Sebagai informasi tambahan, Battle of Guardians versi mobile akan diluncurkan di Piala Presiden Esports 2023.

“Saya sangat senang bisa mengikuti kejuaraan Piala Presiden Esports 2023. Kehadiran Battle of Guardians sebagai Fighting Game yang dipertandingkan menjadi titik terang bagi para penikmat dan komunitas untuk merasakan skena kompetisi Fighting Game yang lebih besar dalam ajang PPE. Pastinya ini akan jadi pengalaman yang tidak terlupakan, bahwa saya mampu tampil di stage sebesar PPE. Semoga saja tahun ini saya bisa menjadi juara baru dan membawa pulang trofi Battle of Guardians Piala Presiden Esports 2023,” ujar Yosi “Ucupbadmann” Prameista.

Dukungan terhadap Piala Presiden Esports juga datang dari berbagai pelaku industri, salah satunya Samsung Electronics Indonesia. Samsung Electronics Indonesia secara konsisten menjadi sponsor utama dalam setiap gelaran Piala Presiden Esports sejak 2020, dan di edisi 2023 menjadi tahun keempat keikutsertaannya.

Head of Marketing MX Samsung Electronics Indonesia, Andi Airin menyatakan bahwa dukungan yang diberikan dalam setiap gelaran PPE adalah bentuk nyata untuk mendukung kemajuan industri dan ekosistem esports Tanah Air.

“Kami mendukung semangat anak-anak muda dalam meraih prestasi sesuai passion mereka, yaitu esport. Melalui inovasi Samsung yang dibenamkan pada smartphone Samsung Galaxy dengan performa terbaik untuk bermain game di PPE menjadi wujud komitmen kami dalam mendukung para peserta Grand Final memberikan aksi terbaik menjadi juara. Tahun ini juga menjadi spesial karena pemenang Samsung Galaxy Gaming Academy dapat mewujudkan mimpi mereka bertanding dengan para pro player di Piala Presiden Esports 2023,” ujar Andi Airin.

Head of Customer and Marketing Sinarmas MSIG Life, Lukman Auliadi menyatakan bahwa para atlet esports juga perlu menjalani gaya hidup sehat sejak usia muda di saat risiko sakit masih rendah. Keikutsertaan Sinarmas MSIG Life dalam gelaran Piala Presiden Sports 2023 ini juga sekaligus memberikan edukasi tentang perencanaan finansial sejak dini, di mana potensi untuk mendapatkan besaran premi yang rendah masih besar.

“Sebagai Trusted Partner for Life, kami berkomitmen mendukung mimpi generasi muda para atlet esports Indonesia agar bisa menjalani hidup sepenuhnya. Untuk itu, mempersiapkan proteksi finansial sembari mengurangi potensi risiko dengan bergerak aktif sangatlah penting. Bersama aplikasi MyFit+ yang kami perkenalkan kepada para atlet esports, mereka bisa berolahraga namun terasa seperti bermain game. Pengguna bisa memenangkan reward ketika berhasil menjalankan challenge tertentu. Ibarat mabar, berolahraga juga bisa menjalankan challenge bersama komunitas, bahkan bisa berdonasi. Berolahraga menjadi tidak terasa membosankan,” tambah Lukman.(rls)