Atasi Permasalahan Kekeringan, Bumi Karsa Salurkan CSR Bantuan Air Bersih

Atasi Permasalahan Kekeringan, Bumi Karsa Salurkan CSR Bantuan Air Bersih

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Krisis air bersih akibat kekeringan yang melanda beberapa daerah di Indonesia sejak bulan Agustus 2023, telah mengakibatkan kesulitan bagi Masyarakat sebab air bersih merupakan salah satu kebutuhan pokok sehari-hari. Melihat kondisi tersebut, Bumi Karsa melalui proyek Pengendalian Banjir Kali Bekasi Paket 6 melakukan aksi Corporate Social Responsibility (CSR) dengan membagikan air bersih di Desa Sukamekar, Kec. Sukawangi, Kab. Bekasi, Jawa Barat.

Pendistribusian air bersih dengan mobil tangki sudah dilaksanakan sejak awal musim kemarau lalu. Mobil tangki tersebut memuat 8.000 liter setiap kali angkut untuk di distribusikan ke Masyarakat. Total keseluruhan air bersih yang sudah terdistribusi hingga saat ini sekitar 16.000 liter. Pengiriman air bersih akan terus dilaksanakan selama warga masih mengalami kekeringan.

Bacaan Lainnya

Selain mengantarkan langsung kepemukiman warga, Bumi Karsa bekerjasama dengan Perumda Tirta Bhagasasi dalam proses pengisian tandon atau tedmon air yang telah terpasang dibeberapa lokasi. Hal tersebut dilakukan agar ketersediaan air tetap terjaga untuk dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar. Bukan hanya itu, Perumda Tirta Bhagasasi melakukan pendataan daerah yang mengalami krisis air bersih sehingga tersalurkan dengan tepat dan mencegah terjadinya kerusuhan antar masyarakat dalam penyaluran air bersih.

“Bantuan air bersih diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat yang terdampak kekeringan. Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG, musim kemarau akan berakhir diakhir bulan Oktober ini”, ungkap Abdul Kadir Rum selaku Project Manager Proyek Pengendalian Banjir Kali Bekasi Paket 6.

“Masyarakat pun juga memberikan dukungan terhadap program bantuan air bersih ini. Mereka berharap agar program ini dapat terus dilanjutkan untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana kekeringan di Bekasi”, tambahnya.

Proyek Pengendalian Banjir Kali Bekasi Paket 6  tersebut merupakan proyek dalam upaya penanganan banjir yang kerap terjadi akibat meluapnya Kali Bekasi yang merupakan pertemuan dua Kali, yakni Cileungsi dan Cikeas. Pelaksanaan normalisasi oleh Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane di bawah naungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Bumi Karsa yang merupakan anak perusahaan KALLA yang bergerak di bidang konstruksi, investasi dan alat berat, lebih dari 50 tahun telah menghasilkan berbagai karya konstruksi terbaiknya di berbagai daerah hingga ke pelosok negeri hingga mendapatkan kepercayaan  dari pemerintah untuk menangani beberapa Proyek Strategis Nasional (PSN). (***)