Sah, Pemprov – DPRD Sulsel Setujui APBD Perubahan 2023

Sah, Pemprov - DPRD Sulsel Setujui APBD Perubahan 2023

MAKASSAR, UPEKS.co.id– Sah, Pemprov Sulawesi Selatan dan DPRD Provinsi Sulsel menyepakati Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD) Perubahan Tahun Anggaran (TA) 2023 dan Peraturan Daerah (Perda) Fasilitasi Pesantren yang merupakan tindaklanjut dari UU Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren.

Nota kesepahaman ditanda tangani Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Andi Ina Kartika Sari dan Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin pada Rapat Paripurna, Jumat kemarin (29/9/2023).

Bacaan Lainnya
 

Pj Gubernur Bahtiar mengatakan, Pemprov Sulsel telah memastikan anggaran Pemilu melalui APBD Perubahan TA 2023 sebesar 40% atau sekitar Rp224 miliar dan sehingga awal tahun 2024 mendatang penyelenggaran pemilu dapat dilaksanakan.

“Saya sangat respect pada pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dalam waktu singkat Badan Anggaran telah menyesuaikan anggaran sehingga dapat mengalokasikan 40% anggaran Pemilu sesuai Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri),” ungkap Bahtiar.

Hal ini sejalan dengan salah satu dari 8 Program Prioritasnya, yaitu sukses penyelenggaran Pemilu dan Pilkada serentak 2024 berlangsung secara luber, jurdil, lancar, aman, dan damai.

Selain itu, kata dia, pihaknya sangat apresiasi pimpinan dan anggota DPRD Sulsel telah menyepakati Perda fasilitasi pesantren, sehingga dapat memberi kepastian hukum dan perlindungan terhadap keberadaan pesantren di Sulsel.

“Ini contoh yang baik bagi daerah lain di Indonesia bahwa pesantren dapat berkembang, modern dan tidak kalah dengan lembaga pendidikan lainnya”, jelasnya.

Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Andi Ina Kartika Sari menambahkan, bahwa Rapat Paripurna kali ini telah mengagendakan penandatanganan nota kesepahaman APBD Perubahan dan Perda Fasilitasi Pesantren.

“Kita berharap APBD Perubahan dapat terealisasi secepat mungkin dan masyarakat memperoleh manfaat dari anggaran tersebut,” pungkas Andi Ina Kartika  (*)