Maba FH UMI Diberikan Pengetahuan Awal Pembaharuan Hukum Indonesia dalam Perspektif Kearifan Lokal

Maba FH UMI Diberikan Pengetahuan Awal Pembaharuan Hukum Indonesia dalam Perspektif Kearifan Lokal

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Guna memberikan pengetahuan awal terkait dengan ilmu hukum utamanya bagi mahasiswa baru. Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (UMI) kuliah umum dengan tema “Pembaharuan Hukum Indonesia dalam Perspektif Kearifan Lokal” Senin (18/09/2023).

Dekan Fakultas Hukum UMI Prof. La Ode Husen menyebutkan yang menjadi narasumber yakni para praktisi mulai dari anggota DPR RI, penegak hukum dan para pakar hukum sesuai dengan bidang masing-masing.

Bacaan Lainnya

Dan kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 18 Agustus 2023 hingga 20 Agustus 2023.

“Alhamdulillah kita gelar kuliah umum yang Berlangsun selama tiga hari dan ini merupakan pengetahuan awal bagi mahasiswa baru FH UMI terkait dengan pengembangan ilmu hukum yang sesuai dengan profil lulusan FH UMI,” ujar Prof. La Ode.

Prof. La Ode menuturkan pembaharuan hukum di Indonesia terus mengalami perkembangan yang sangat cepat namun yang menjadi perhatian kearifan lokal seakan-akan diabaikan.

“Dengan melihat fenomena ini, kami dari FH UMI menyelenggarakan kegiatan ini sehingga kedepannya secepat bagaimana pun pembaharuan hukum tidak meninggalkan kearifan lokal,” Tukasnya.

Menurut Prof. La Ode, alumni FH UMI telah menunjukkan kualitasnya tidak hanya tingkat regional tapi tingkat nasional.

“Alumni FH UMI banyak ditemui sebagai penegak hukum, mulai dari jaksa, dan kegiatan nanti akan mengkawal pembaharuan hukum di Indonesia,” tandasnya.

Semetara Wakil Rektor III Prof. Nasrullah Arsyad mengatakan kegiatan tersebut sebagai wadah bagi mahasiswa fakultas hukum UMI.

“Kita berharap melalui kuliah umum ini mahasiswa dapat lebih meningkatkan lagi pemahamannya terkait hukum dan satu hal yang harus diketahui oleh seluruh mahasiswa  harus jujur, ini perlu dimiliki dan harus melekat dalam jati diri, ini menjadi solusi dimana pun berada,” tutup Prof. Nasrullah. (aca)