Dirtipidter dan Lintas Negara Jam Pidum Bahas TPPO di Kejati

Dirtipidter dan Lintas Negara Jam Pidum Bahas TPPO di Kejati

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Wakajati Sulsel, Zet Tadung Allo, menerima kunjungan kerja Direktur Tindak Pidana Terorisme (Dirtipidter) dan Lintas Negara  Jam Pidum Kejagung RI, Johny Manurung.

Wakajati Sulsel menyambut Dirtipidter dan Lintas Negara didampingi Asipidum Kejati Sulsel Zuhandi, Kajari Makassar Andi Sundari, Koordinator pada Bidang Pidum Kejati Sulsel, para Kasi dan jaksa fungsional pada bidang Tindak Pidana Umum Kejati SulSel.

Bacaan Lainnya

Dalam kunjungan kerja tersebut, Johny Manurung menjelaskan, tujuan utamanya untuk melakukan supervisi di Kejati Sulsel terkait penanganan perkara Tindak Pidana Perdagangan orang (TPPO).

Johny Manurung juga menyempatkan waktu untuk menyampaikan sosialisasi kepada beberapa Kejari terdekat dari Kantor Kejati Sulsel. Seperti Kejari Pangkep, Kejari Maros, Kejari Gowa dan Kejari Takalar.

Johny Manurung menerangkan bahwa sosialisasi penanganan perkara TPPO perlu dilakukan. Sebab merupakan kejahatan luar biasa yang mencoreng kehidupan manusia.

“Perempuan dan anak-anak kerap menjadi korban dalam kejahatan ini. Praktiknya ini dilakukan dalam berbagai bentuk dan cara cukup marak terjadi di seluruh Indonesia, ” ucap Johny.

Bahkan sebut Johny, perkembangan modus TPPO yang semakin kompleks mulai dari eksploitasi tenaga kerja, prostitusi online dan bahkan penjualan organ tubuh manusia.

Hal itu lanjut Johny, mengharuskan Jaksa sebagai pemegang dominus litis, untuk terus meningkatkan kualitas dan kemampuan dalam menangani Tindak Pidana Perdagangan Orang. 

“Kerjasama dan koordinasi dengan berbagai lembaga, baik nasional maupun internasional, diperlukan untuk keberhasilan penanganan perkara dan efektifitas penegakan hukum, ” terangnya.(Jay)