Sepuluh Kampung Zakat di Sulsel Bakal Dilaunching

Sepuluh Kampung Zakat di Sulsel Bakal Dilaunching

Makassar, Upeks– Sepuluh program kampung zakat di Sulawesi Selatan (Sulsel), bakal dilaunching dalam Agustus ini. Hal itu terungkap dalam rapat yang dipimpin Kabid Penaiszawa Kanwil Kemenag Sulsel, H. Abdul Gaffar, didampingi Ketua Tim Zakat Wakaf, Bakri, di ruang rapat Bidang Penaiszawa, Jumat (11/8/23), rapat dihadiri Kepala Kantor Kemenag dan Penyelenggara Zakat Wakaf Kabupaten/Kota yang bakal dilaunching kampung zakatnya.

Menurut Kabid, Ditjen Bimas Islam Kemenag RI terus berupaya memasifkan program ini, dengan mempercepat kampung-kampung zakat lainnya, yang ditargetkan menjadi 1.000 kampung zakat se-Indonesia di akhir tahun 2023.

Bacaan Lainnya

Dikatakan, dengan dukungan LAZ Assalam Fil Aalamin Jakarta, launching 10 kampung zakat di Sulsel ini, diagendakan pada pekan terakhir bulan Agustus di Mesjid Al-Markaz Al Islami, atau lokasi lain yang strategis.

‘’Untuk itu dianggap perlu nanti melakukan audiens dengan bapak walikota Makassar, memohon dukungan lokasi yang strategis,’’ ungkap Kabid.

Dalam launching, kata Ketua Tim Zakat Wakaf, Bakri, undangan dan peserta yang diharapkan hadir seperti Dirjen Bimas Islam Kemenag RI, Gubernur Sulsel, Walikota Makassar, Pangdam XIV Hasanuddin, Kapolda Sulsel, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag RI, Pimpinan Assalam Fil Alamin Jakarta, Kasubdit-kasubdit pada Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag RI beserta stafnya, Walikota/Bupati 10 Lokasi kampung Zakat, Sekda 10 Lokasi kampung Zakat, Kabag Kesra 10 Lokasi kampung Zakat, Kakankemenag 10 Lokasi kampung Zakat, Penzawa 10 Lokasi kampung Zakat, Kepala Desa/Lurah 10 Lokasi kampung Zakat, Kepala KUA 10 Lokasi kampung Zakat, para pengurus 10 lokasi kampung zakat, BAZNAS se Sulawesi Selatan, LAZ se Sulawesi Selatan, masing-masing 25 orang penerima bantuan 10 Lokasi kampung Zakat, 2.000 orang penerima paket sembako.

Kampung Zakat yang akan dilaunching adalah 1) Kelurahan Lakkang Kecamatan Tallo Kota Makassar, 2) Desa Towata Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar, 3) Desa Bangkala Loe Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto, 4) Desa Pujananting Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru, 5) Desa Pising Kecamatan Donri Donri Kabupaten Soppeng, 6) Desa Mallari Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone, 7) Desa Sumpang Mango Kecamatan Pitu Riawa Kabupaten Sidenreng Rappang, 8) Desa Bambapuang Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enreakng, 9) Desa/Lembang Kaduaja Kampung Sambua Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja, 10) Desa Pattaneteang Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng.

Sebelumya dalam rangka launching juga telah dilakukan rapat jajaran Bidang Penaiszawa pada 4 Agustus 2023. Untuk diketahui Di Sulsel, Desa Kahayya Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba ditetapkan sebagai lokasi pertama program Kampung Zakat yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama RI, bersama dengan Badan Amil Zakat Nasional RI.

Empat tahun berselang, lokasi kedua kampung zakat di Sulsel menyusul dilaunching di Desa Pammana Kabupaten Wajo pada Jum’at, 24 Februari 2023. Peluncuran Kampung Zakat tersebut dihadiri Ratusan warga dan berlangsung di lapangan Bola Desa Pammana Kecamatan Pammana. Hingga saat ini, tercatat ada 514 Kampung Zakat yang sudah diresmikan. Kesemuanya adalah binaan Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama, Baznas, sejumlah Lembaga Amil Zakat (LAZ), dan Pemerintah Daerah. (rls)