Satlantas Polrestabes Makassar Kini Berlakukan Praktik Ujian SIM C Baru

Satlantas Polrestabes Makassar Kini Berlakukan Praktik Ujian SIM C Baru

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Satlantas Polrestabes Makassar merilis perubahan ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) yang baru, di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas), di Jl Batua Raya, Senin (7/8/2023).

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Mokhamad Ngajib mengatakan, perubahan yang dilakukan khusus untuk pengajuan SIM C motor. Mulai dari landasan yang sebelumnya berbentuk angka 8 dan zig-zag berubah menjadi lintasan huruf S, perubahan untuk uji pengereman, serta uji putaran balik (U-Turn).

Bacaan Lainnya

“Perubahan ini mendasari perintah dari Kapolri Jenderal Pol Sigit Prabowo, dan ditindaklanjut dengan keputusan Korlantas Polri tertanggal 4 Agustus 2023, ” kata Ngajib usai menjajal lintasan praktik ujian SIM tersebut, Senin (7/8/2023).

Kapolrestabes mengatakan, setelah melihat dan merasakan langsung perubahan yang ada, sekarang semuanya lebih dipermudah. Tidak ada tingkat kesulitan yang berarti seperti sebelumnya.

Ngajib menjelaskan, dari rangkaian ujian yang ada setelah alami perubahan, diterapkan dalam rangka memberikan kemudahan kepada para pemohon SIM. Polri tidak ingin menyulitkan masyarakat untuk memperoleh SIM.

“Tentunya ini dalam rangka memberikan kemudahan bagi orang-orang yang ingin menerbitkan SIM. Dan juga di sini dalam rangka meningkatkan pelayanan SIM oleh Polri kepada masyarkat. Di sini juga tentunya dalam rangka menghindari adanya praktek-praktek penyimpangan pembuatan SIM, ” jelasnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polrestabes Makassar, AKBP Amin Toha mengatakan, perubahan ujian praktik SIM baru diterapkan khusus pembuatan SIM C atau sepeda motor. Perubahan lainnya akan menyusul setelah ada petunjuk dari Korlantas Polri.

“Dengan perubahan yang dilakukan, kedepan tidak akan ada lagi masyarakat yang mengeluhkan sulitnya mengajukan pembuatan SIM. Begitu juga dengan perpanjangan yang telah didukung sistem daring, ” harapnya. (Jay)