Pelindo Regional 4 Gelar Pelatihan K3 Bongkar Muat Bagi TKBM di Balikpapan

Pelindo Regional 4 Gelar Pelatihan K3 Bongkar Muat Bagi TKBM di Balikpapan

 

MAKASSAR, Upeks.co.id – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 4 menggelar Pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Bongkar Muat yang merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Perseroan.

Bacaan Lainnya

Pelatihan yang digelar selama empat hari di Kantor Pelindo Regional 4 Balikpapan, Kalimantan Timur ini diikuti oleh 67 orang Tenaga Bongkar Muat Barang (TKBM) yang melakukan aktivitas di Pelabuhan Balikpapan.

Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis mengatakan, Pelatihan K3 Bongkar Muat yang diadakan bekerja sama dengan PT Nusantara Traisser ini merupakan bagian dari program TJSL, khususnya bidang pendidikan.

“Sebagaimana tujuan dari Program TJSL Pelindo yaitu untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, terutama di area lingkungan kerja dengan fokus pada tiga bidang, yaitu pendidikan, lingkungan hidup dan pembinaan UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah,” terangnya.

“Mudah-mudahan Pelatihan K3 Bongkar Muat yang diberikan kepada TKBM khususnya di Pelabuhan Balikpapan ini bisa bermanfaat. Karena kita semua mengetahui dan menyadari bahwa K3 atau Kesehatan dan Keselamatan Kerja sangat penting dan menjadi perhatian kita semua,” ujarnya.

Division Head Layanan SDM dan Umum Pelindo Regional 4, Basri Alam menuturkan bahwa Pelatihan K3 Bongkar Muat kali ini dibagi dalam dua angkatan. “Di mana Angkatan I mendapatkan pelatihan selama dua hari, yakni Senin dan Selasa (24 & 25 Juli 2023). Sedangkan untuk Angkatan II mendapatkan pelatihan selama dua hari, yaitu pada Rabu dan Kamis (26 & 27 Juli 2023).”

Dia mengatakan, penyajian pelatihan ditekankan secara andragogy dengan metode instruksional secara ceramah, diskusi, pemecahan masalah atau kasus dengan disertai penggunaan alat-alat komunikasi pendidikan pelatihan.

“Setiap peserta yang mengikuti kegiatan ini mendapatkan sertifikat, bukti bahwa mereka telah mendapatkan Pelatihan K3 Bongkar Muat,” tukas Basri.(rls)