Outing Class, Siswa SD Inpres Maccini 1/1 Kunjungi Pembuatan Kapal Pinisi di CPI

Outing Class, Siswa SD Inpres Maccini 1/1 Kunjungi Pembuatan Kapal Pinisi di CPI

MAKASSAR, UPEKS.CO.ID— UPT SPF SD Inpres Maccini I/1 Makassar melaksanakan pembelajaran outing class atau di luar kelas. Outing class dilaksanakan dengan mengunjungi pembuatan kapal Pinisi di kawasan Center Point of Indonesia (CPI) Makassar, Jl Metro Tanjung Bunga, Sabtu (19/8/2023).

Kegiatan ini diinisiasi Kepala SD Inpres Maccini I/1 Makassar, Andi Wirdayani, S.Pd., M.Pd. Kegiatan ini bertujuan untuk menyaksikan langsung proses dan sebagai implementasi merdeka belajar. Sehingga sistem pembelajaran bukan hanya teori dalam hal ini pembelajaran kontekstual.

Bacaan Lainnya
 

Selain itu, outing class sebagai tindak lanjut dari surat edaran Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar tentang pelaksanaan outing class. Andi Wirdayani menilai, outing class yang dilaksanakan sangat penting dalam menumbuhkan kreatifitas serta mengembangkan pembelajaran ke ranah kontekstual bagi siswa.

“Puluhan siswa siswi mengikuti kegiatan outing class ini. Mereka adalah siswa-siswi kelas 5 dan 6 sebanyak 4 kelas dengan jumlah sekitar 70 siswa,” kata Andi Wirdayani.

Peserta didik dan guru pendamping sangat antusias mengikuti outing class dengan berkunjung ke tempat pembuatan kapal Pinisi karena secara langsung melihat dengan jelas proses pembuatan Pinisi.

Terlebih, kapal Pinisi adalah merupakan warisan peninggalan Sulsel atau Indonesia, namun juga telah menjadi warisan dunia. Siswa juga diberikan instrumen untuk mengukur sejauh mana pengamatannya pada proses pembuatan Pinisi.

Lanjutnya, outing class merupakan media yang paling efektif dan efisien dalam menyampaikan pembelajaran yang bukan didasarkan dari teori saja tapi juga pembuktian di lapangan secara langsung.

“Dengan demikian siswa dapat memahami materi dengan lebih mudah melalui pendekatan dan melihat realita sesungguhnya. bukan hanya teori yang disampaikan oleh guru tetapi langsung pada tahapan implementasi,” katanya.

Selain sebagai media pembelajaran, outing class juga menjadi sarana hiburan dan refreshing melalui wisata edukasi yang menyenangkan bagi siswa di dalam menumbuhkan kreativitas dan meningkatkan pembelajaran. (rul)