Orang Muda Ganjar Berikan Pelatihan Hingga Tips Bagi Kawula Muda Hadapi Tes CPNS/BUMN

Orang Muda Ganjar Berikan Pelatihan Hingga Tips Bagi Kawula Muda Hadapi Tes CPNS/BUMN

GOWA, UPEKS.co.id – Sukarelawan Orang Muda Ganjar Sulawesi Selatan (OMG Sulsel) memberikan pelatihan kepada kawula muda dan mahasiswa Kabupaten Gowa agar mempersiapkan diri menghadapi masa depan yang lebih gemilang.

Berkolaborasi bersama Forum Pemerhati Anak Bangsa (Forpemnas), OMG Sulsel menggelar tips dan tes Calon Perangkat Sipil Negara (CPNS)/Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bertajuk ‘Raih Masa Depan, Ciptakan Kesuksesan’.

Bacaan Lainnya
 

Agenda ini diselenggarakan simpatisan Ganjar Pranowo di RH Coffee, Kelurahan Romangpolong, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulsel, Jumat (4/8/23).

Koordinator Wilayah OMG Sulsel, Muh. Rais Auliya Razak mengatakan pihaknya menghadirkan tentor dan praktisi soal tes CPNS profesional, Muh. Iqbal untuk membekali para peserta kiat menjawab soal-soal ujian dengan mudah dan tepat.

“Melihat juga ada terbuka pada September bulan depan itu nanti ada terbuka pendaftaran CPNS. Makanya kami dengan sangat cepat mengadakan di bulan ini sebagai persiapan teman-teman untuk tidak buta terhadap mekanisme-mekanisme apa yang akan di tahapan CPNS nanti,” kata dia.

Diketahui, dalam waktu dekat rekrutmen CPNS 2023 bakal segera dibuka. Seleksi tersebut diperkirakan akan berlangsung pada September 2023.

Sementara, BUMN sendiri telah membuka pendaftaran pegawai sejak Mei lalu dan para peserta yang dinyatakan lulus bakal mengikuti tes seleksi di tanggal 5-26 Agustus 2023.

Rais mengungkapkan, peluang ini tentunya tidak boleh disia-siakan. Perlu persiapan berupa ikhtiar maupun doa supaya mampu mengerjakan soal dan mendapat hasil yang diinginkan.

“Harapannya nanti setelah kegiatan ini bermanfaat untuk teman-teman sebagai sarana skill pribadi untuk bisa dijadikan wawasan tersendiri dan juga pengalaman untuk bisa mempermudah dirinya mengikuti CPNS nanti,” jelas dia.

Ketua Umum Forpemnas, Fajar Muharram menyebut para peserta diberikan sejumlah soal seleksi kompetensi dasar (SKD) terdiri dari tes karakteristik pribadi (TKP), tes intelegensia umum (TIU), dan tes wawasan kebangsaan (TWK) serta cara menjawabnya.

“Tentunya kegiatan pelatihan CPNS ini bisa menstimulus para calon-calon pendaftar sehingga lebih terbekali ke depannya untuk ketika kegiatan sudah mendekati ataupun tesnya sudah jalan tentu mereka akan siap,” jelas dia.

Salah satu peserta, Nurul Rahmayanti (22) mengaku sangat menantikan pelatihan seperti ini untuk menambah kepercayaan diri, meningkatkan kompetensi agar lebih fokus dan siap dalam mengerjakan soal.

“Menurut saya ini menarik dan saya sangat membutuhkan pelatihan CPNS ini untuk masa depan saya. Insyaallah kalau bisa saya mau daftar CPNS,” ungkap dia. (mah)