Mahasiswa Jurusan Matematika UNM Seminar Edukasi TOGA di Desa Timbuseng

Mahasiswa Jurusan Matematika UNM Seminar Edukasi TOGA di Desa Timbuseng

Makassar, Upeks.co.id — Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) HMJ Matematika FMIPA UNM tahun 2023 melaksanakan Seminar Edukasi TOGA di Aula Kantor Desa Timbuseng. Seminar ini merupakan seminar pertama yang diadakan oleh Tim PPK Ormawa HMJ Matematika FMIPA UNM dengan fokus pada pengenalan TOGA dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan yang merupakan salah satu program kerja PPK ORMAMA HMJ Matematika FMIPA UNM ini bekerja sama dengan UPT Puskesmas Ko’mara Dinas Kesehatan Kab. Takalar. Acara ini menghadirkan langsung pemateri dari UPT Puskesmas Ko’mara, yaitu Muhammad Ihsan, S.Farm., Apt.

Bacaan Lainnya
 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang TOGA sehingga masyarakat diharapkan mampu mengolah TOGA dan dapat menghasilkan produk yang berkualitas dengan memanfaatkan TOGA yang ada di sekitar. Seminar ini dihadiri oleh kurang lebih 50 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, aparat desa, tokoh-tokoh masyarakat serta warga Desa Timbuseng yang antusias mendukung program kampung konservasi TOGA ini.

Ketua PPK Ormawa HMJ Matematika FMIPA UNM 2023, Nurfadillah, mengatakan, “Kampung Konservasi Toga adalah sebuah upaya kolaboratif kami untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian tumbuhan obat keluarga yang dapat mendukung kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Melalui program ini, kami ingin memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada warga Desa Timbuseng dalam memanfaatkan tumbuhan obat secara berkelanjutan, sekaligus menjaga keanekaragaman hayati.”

Selama seminar, para peserta diajarkan mengenai pengenalan tumbuhan obat keluarga, cara penanaman yang benar, teknik pemeliharaan, serta manfaat dari tumbuhan obat keluarga dalam mengatasi beberapa keluhan kesehatan ringan sehari-hari. Selain itu, juga diadakan sesi diskusi dan tanya jawab untuk mendalami lebih lanjut tentang kontribusi dan peran masyarakat dalam menjaga keberlanjutan program konservasi Toga di Desa Timbuseng.

Sambutan positif pun datang dari perwakilan warga Desa Timbuseng, yang menyatakan, “Kami merasa terbantu dengan adanya kegiatan edukatif seperti ini. Program Kampung Konservasi Toga dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam memanfaatkan potensi tumbuhan obat di sekitar kami, serta memberikan dampak positif bagi kesehatan dan ekonomi keluarga kami.”

Seminar edukasi Kampung Konservasi Toga ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang berkelanjutan dalam mewujudkan kesadaran dan peran aktif masyarakat dalam menjaga kelestarian alam sekitar. PPK Ormawa HMJ Matematika FMIPA UNM 2023 berkomitmen untuk terus berkontribusi dan berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait dalam menjalankan program-program konservasi lingkungan yang bermanfaat bagi masyarakat.(rls)