Kapolres Bantaeng Hadiri Rakor Bersama Pemda Bahas Kesiapan Pilkades 2023 

Kapolres Bantaeng Hadiri Rakor Bersama Pemda Bahas Kesiapan Pilkades 2023 

BANTAENG, UPEKS.co.id — Rapat Koordinasi Pemerintah Daerah mengangkat tema “kita wujudkan persatuan dan kesatuan untuk Bantaeng yang lebih baik” berlangsung di gedung Kartini, Senin (31/7) yang di buka oleh Bupati Bantaeng diwakili oleh Wakil Bupati Drs. H Sahabuddin dalam rangka pemantauan perkembangan daerah menjelang pelaksanaan Pilkades 2023 dan Pemilu serentak tahun 2024 yang dihadiri oleh para kepala Desa dan Lurah se Kabupaten Bantaeng.

Kapolres Bantaeng AKBP Andi Kumara SH, S.IK, M.Si selaku Pemateri menyampaikan bahwa telah melakukan pemetaan rencana pengamanan di beberapa titik rawan dalam Wilayah Kab Bantaeng dan telah menyiapkan personil dalam rangka menghadapi Pilkades serentak 2023, bahkan telah berkoordinasi dengan Polda Sulsel untuk mempersiapkan personil untuk diterjunkan di setiap desa apabila diperlukan.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu Kapolres Bantaeng menyebut 250 personil disiapkan untuk bertugas di 75 TPS dengan rincian 2 personil untuk menjaga disetiap TPS.

“Mencegah lebih baik adalah salah satu upaya yang harus diambil para kepala desa dan Lurah selaku tokoh masyarakat untuk bisa mengendalikan warganya,” ujar Kapolres.

Perwira berpangkat dua melati emas ini berharap kepada 25 Desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak jangan sampai terjadi provokasi dan money politik yang akan merusak jalannya Pilkades.

“Apabila terbukti ada provokasi dan money politik kita akan tindak tegas,” ungkap Kapolres.

“Kami berharap para calon kades bisa saling menghargai satu sama lain mengingat kepala desa merupakan panutan dan pengayom masyarakat.

Tak hanya menyampaikan rencana pengamanan gelaran pilkades, Kapolres juga memberikan himbauan dan edukasi terkait sejumlah peraturan perundang-undangan mengenai pilkades dan pesan-pesan Kamtibmas melalui tampilan slide yang telah diproduksi tim Humas Polres Bantaeng.

Tampilan tersebut berisi edukasi mengenai hukuman yang tecantum dalam pasal terkait money politik dan undang-undang ITE

“Mari kita bersama mendukung dan ikut berperan serta menciptakan pilkades yang aman dan tanpa perpecahan,” pungkas Kapolres

Sementara itu Wakil Bupati Bantaeng Drs H. Sahabuddin dalam sambutannya mengatakan Rapat Koordinasi ini merupakan bagian sosialisasi gambaran tentang persiapan pelaksanaan Pilkades dan Pemilu serentak.

Oleh sebab itu kami mengajak seluruh bakal calon dan masyarakat untuk mendukung terciptanya pilkades yang aman dan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ungkap wakil Bupati Bantaeng.(Irwan.Patra)