IBK Nitro Workshop Merdeka Belajar Kampus Merdeka Mandiri

IBK Nitro Workshop Merdeka Belajar Kampus Merdeka Mandiri

 

Makassar, Upeks.co.id — Kampus Institut Bisnis dan Keuangan Nitro Makassar melaksanakan Workshop Merdeka Belajar kampus Merdeka (MBKM) yang diisi oleh ibu Riza Putri Elburdah,.Spt,.MM sebagai narasumber yang juga sebagai Tim Pokja MBKM dan koordinator MSIB.

Bacaan Lainnya
 

Pada kegiatan Focus Group Discusion (FGD) terebut, Riza menyampaikan bahwa MBKM adalah hak belajar tiga semester diluar program studi yang dilakukan oleh Mahasiswa.

Adapun manfaat dan tujuan MBKM adalah untk meningkatkan Kompetensi lulusan , baik secara hard skills maupun soft skill agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian.

MBKM diatur dalam permendikbud nomor 3 tahun 2020 tentang standar Nasional Pendidikan Tinggi khususnya pasal 18 “Pemenuhan masa belajar bagi mahasiswa Program Sarjana atau sarjana Terapan dapat dilaksanakan salah satunya dengan mengikuti proses pembelajaran diluar Program Studi, Lanjut Riza.

IBK Nitro sebagai salah satu pelaksana Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) pada tahun 2023. PKKM ini mulai diselenggarakan pada tahun 2021 dan memiliki 3 (tiga) sasaran penting, yaitu penguatan link and match, peningkatan kualitas Dsen dan tenaga kependidikandan peningkatan pengelolaan dan Kinerja Tri Darma Perguruan Tinggi.

Untuk mendukung pelaksanaan jalannya PKKM sebagai penguat MBKM terlebih dahulu Rektor IBK Nitro DR.Moh.Hatta melakukan penandatanganan MOU di lima Kampus, yaitu kampus Universitas Jember, Universitas Dinamika Surabaya, Universitas Ciputra. STIE INDONESIA Surabaya, Tridharma dan MBKM, dan Lembaga Manajemen Infaq (LMI) Surabaya.

Tedapat 8 Program MBKM yaitu : Magang Bersertifikat Studi Independen, Kampus Mengajar, Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Membangun Desa (KKN Tematik), Proyek Kemanusiaan, Riset atau Penelitian untuk mendukung Program MBKM tersebut penting untuk melakukan MOU dengan beberapa kampus, tutur Hatta, Rektor IBK Nitro.(rls)