Hendak Beli Hp iPhone, Security Bank BCA Tertipu Pasobis

Hendak Beli Hp iPhone, Security Bank BCA Tertipu Pasobis

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Nasib naas dialami Akbar yang merupakan security Bank BCA di Jl Sulawesi, Kecamatan Wajo, Makassar. Dia malah tertipu pasobis saat hendak membeli handphone (Hp) merek iPhone.

Penipuan terhadap Akbar berawal, pada Kamis (13/7/2023) sekira pukul 16.00 di Jl Sulawesi (Bank BCA) Kelurahan Melayu Baru, Kecamatan Wajo, Kota. Pelakunya diduga HR alias Arif.

Bacaan Lainnya

Awalnya, terduga pelaku memposting satu unit handphone Merk Iphone 11 berwarna silver melalui market place pada akun facebook miliknya atas nama “RIFKI SAPUTRA RAMADHAN”.

Selanjutnya, korban menghubungi akun facebook tersebut melalu via chat messenger. Lalu korban diarahkan ke salah satu nomor WhatsApp atas nama Supriadi, dengan alasan bahwa Supriadi adalah pemilik satu unit Handphone merk Iphone 11 berwarna silver tersebut.

Kemudian, korban menghubungi pemilik handphone yang mana antara korban dan tersangka telah bersepakat dengan harga Rp 3.530.000. Sehingga korban melakukan transaksi dengan mentransferkan uang sejumlah Rp. 3.530.000.

Uang tersebut dikirim ke rekening Bank Mandiri yang sebelumnya telah dikirim oleh tersangka HR. Namun setelah korban mengirimkan uang, nomor handphone yang digunakan melakukan komunikasi sudah tidak dapat lagi dihubungi.

Termasuk barang yang telah dipesan berupa handphone merek iPhone tidak kunjung datang atau diterima korbam. Sehingga korban melaporkan kejadian yang dialami di Polres Pelabuhan Makassar.

Kapolres Pelabuhan Makassar, AKBP Yudi Prianto mengatakan, korban telah melaporkan kejadian yang dialaminya dengan Laporan Polisi Nomor : LP/B/199 / VII / 2023 / SPKT / Res Pelabuhan / Polda Sulsel, Tanggal 14 Juli 2023.

Atas laporan itu kata Yudi, pihaknya mengeluarkan Surat Perintah Penyidikan Nomor : SP.Sidik / 272 / VII / 2023 / Reskrim, tanggal 16 Juli 2023. Anggota kemudian melakukan melakukan penyidikan.

“Setelah dilakukan penyidikan, anggota berhasil menangkap HR alias Arif (24) warga Jl Jamil Ismail, Kelurahan Ujung Lure, Kecamatan Soreang, Kota Pare-pare. Palaku ini ternyata melakukan penipuan (pasobis), ” ucap Yudi saat mengespose kasus tersebut, Selasa (1/8/2023).

Adapun barang bukti yang diamankan lanjut Yudi, satu lembar Rekening Koran Bank BCA dan dua lembar Rekening Koran Bank Mandiri.

“Pelaku dijerat Pasal 378 KUHPidana dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya 4 tahun,” ucap Yudi.(Jay)