Festival Tanjung Pallette 2023, Kolaborasi Lintas Sektor

Festival Tanjung Pallette 2023, Kolaborasi Lintas Sektor

BONE, Upeks–— Festival Tanjung Pallette 2023, resmi bergulir. Event yang digelar di Destinasi Wisata Tanjung Pallette, Kecamatan Tanete Riattang Timur, resmi dibuka Gubermur Sulsel yang diwakili Kepala Disbudpar Sulsel, Arafah.

Hadir ikut mendampingi pembukaan Festival Tanjung Pallette 2023, Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padjalangi.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini diselenggarakan Pemerintah Provinsi Sulsel bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bone melalui Dinas Pariwisata.

Gelaran ini akan dilansungkan selama lima hari, mulai 2 sampai 6 Agustus 2023.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Kadis Disbudpar Sulsel bersama Bupati Bone, disaksikan Wabup Wajo, Asisten II Bontang dan Jajaran Forkopimda Bone.

Sebanyak empat item kegiatan dilaksanakan pada Festival Tanjung Pallette 2023, yakni Culinary Tourism, Art & Folk Cultural, UMKM Exhibition, dan Short Film and Photography.

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Kabupaten Bone, Andi Promal Pawi menjelaskan, Festival Tanjung Pallette digelar untuk pertama kalinya.

Penyelenggaraan ini, akan berkelanjutan setiap tahunnya dan diharapkan bisa menembus jadi bagian kalender event Kemenparekraf RI.

“Target kita bisa menembus Kharisma Event Nusantara (KEN). Makanya, minimal empat kali harus dilaksanakan secara berkelanjutan dan dinilai Kemenparekraf,” kata Kadis Andi Promal.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Festival Tanjung Pallette, Nasrullah Bashir menjelaskan, ini menjadi cikal bakal keberlanjutan yanh diharapkan bisa menembus (KEN).

“Pembukaan Festival Tanjung Pallette dipusatkan di Pallette. Selanjutnya penutupan direncanakan dilaksanakan di Lapangan Merdeka,” tutur Nasrullah.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan lomba Bakar ikan diikuti oleh beberapa kecamatan, OPD, dan instansi vertikal.

Turut hadir Wakil Bupati Bone, Wakil Bupati Wajo, Forkopimda Bone, Asisten II Kota Bontang mewakili Wali Kota Bontang, Danki I Brimob Bone, Kalapas Bone, Kepala OPD Bone, Kakan Kemenag Bone, kepala OPD dan tamu undangan lainnya. (*)