Duc In Altum -Syukuran Imamat 25 Tahun

Duc In Altum -Syukuran Imamat 25 Tahun

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Seminari Petrus Claver Makassar yang asri dan elok, menjadi tempat perhelatan perayaan syukur 25 tahun atau pesta perak imamat tiga imam KAMS, Pastor Albert A.Arina, Ketua Komisi Kerasulan Awam – HAK , Pastor Marinus Tellu, Pastor Paroki Rantetayo dan Pastor Marthinus Solon – dh, Pastor Paroki St.Mikael Palopo, Jumat (04/08/2023).

Diawali dengan misa syukur di Gereja Paroki St.Yakobus -Mariso yang hikmat, sukacita gembira seluruh umat KAMS bersama banyak undangan dari berbagai tokoh lintas agama yang hadir antara lain, Pdt.Musa Salusu yang juga Calon DPD Sulsel, Pdt. Martinus Palebangi, MTh selaku Sekretaris PGIW Sulselbar, Rudi Pieter Goni Anggota DPRD Sulsel sekaligus Sekretaris PDIP Sulsel, Firmina Tallulembang Anggota DPRD Sulsel dari Partai Gerindra.

Bacaan Lainnya

Kemudian Nielma Palamba yang merupakan Kadisnaker Kota Makassar, William Laurin – DPRD Kota Makassar dari PDIP, dr.Maggy Wewengkang SPOG – Owner RS Grestelina Makassar, Perwakilan dari Forum Kerukunan Antar Umat Beragama Sulsel dari MUI, PGI, WALUBI, PHDI, Kong Fhu Chu.

Juga sejumlah imam dari banyak paroki, para suster bersama Uskup Agung Keuskupan Agung Makassar, Mgr.Dr.John Liku Ada’, Vikaris Jenderal KAMS .Pastor Joni Pajuk, CICM dan para Vikaris Episkopalis- Pastor Alex Lethe – Makassar, Pastor Piet Majina La Oli -Vikep Sultra, Pastor Samson Bureny – Vikep Sulbar, Pastor Bartho Pararak – Vikep Toraja , Pastor Willi Welle -Rektor Seminari Tinggi Angin Mammiri, Sekretaris KAMS – Pastor Made Markus , larut bersama dalam suguhan pernak -pernik hiburan yang mengesankan dan apik.

Mulai dari molek indah dan gemulainya tarian indah khas Toraja – Pagellu -, yang dibawakan para murid puteri dari SD.Katolik St.Yakobus, padu dan membahananya suara dari Koor seminaris muda SPC dan alunan suara merdu penyanyi putri remaja yang merdu bak Indonesia Idol.

Perayaan syukur imamat 25 tahun ini mengambil tema “Bertolaklah ke Tempat yang Dalam dan Tebarkanlah Jalamu, Mat : 5.4”, juga menjadi napak tilas panggilan bagi seluruh imam, yang banyak diantaranya merayakan usia imamat pada bilangan belasan tahun, sebagai refleksi panggilan awal pergumulan untuk menjadi imam dengan menempuh pendidikan di Seminari Petrus Claver Makassar.

Uskup Agung, Mgr.Dr.John Liku Ada’ dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada para Yubilaris atas kiprah dan tugas perutusan mereka masing-masing, terutama dalam kehidupan sosial kemasyarakatan dan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sementara Yubilaris yang menjadi selebran dalam misa yang bersukacita Pastor Albert A.Arina menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Tuhan atas panggilan Imamat ini.

Dan juga atas tugas perutusan yang sekarang diembannya dengan menangani masalah sosial politik dan kemasyarakatan, melalui Komisi Kerawam dan HAK KAMS, terutama dalam menyambut dan menyukseskan pesta demokrasi 2024.

Komisi Kerawam yang komandani oleh Pastor Albert A. Arina, terus berupaya melakukan konsolidasi, memberikan pendidikan politik kepada seluruh ormas Katolik yaitu PMKRI, WKRI, Pemuda Katolik, Ikatan Sarjana Katolik, Forum Masyarakat Katolik Indonesia dan Vox Point Indonesia serta mengedukasi para pemilih millenial dan Gen Z di berbagai KMK kampus bersama masyarakat luas sampai ke akar rumput dengan tanpa letih bersama Tim Kerawam

Pastor Marinus Tellu yang turut memberi testimoni gembiranya menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan dan ucapan terimakasih kepada semua pihak atas yang dengan caranya sendiri turut mendoakan tugas perutusannya ini.

Di samping itu, secara khusus bagi Pastor Marthinus Solon, yang juga merayakan HUT Imamat ke -25, karena mengalami gangguan kesehatan, tidak sempat hadir pada acara ini, mendapat doa dan berkat dari Bapak Uskup, para Imam, Frater dan suster serta segenap umat senantiasa menyertai perjalanan imamatnya.

Momentum syukuran ini sekaligus menjadi ajang bagi seluruh calon legislatif dari internal Katolik membangun kesatuan gerak bersama umat untuk menyongsong hari “Valentine Politik” pada 14 Februari 2024 untuk mewujudkan asa menjadi ‘ the voice of vioceless – menjadi suara bagi yang tidak mampu bersuara ‘, bagi terwujudnya kesejahteraan umum bersama – Bonum Commune untuk Indonesia, persada nusantara tercinta.

Acara diakhiri dengan pemberian cindera mata kepada para Imam yang berbahagia atas imamat 25 tahun dari segenap umat dan merawat memori bersama dalam bingkai kenangan indah dengan take a picture together. (rls)