Ciptakan Situasi Kondusif, 15 Personel Gabungan TNI-Polri Lakukan Patroli Cipta Kondisi

Ciptakan Situasi Kondusif, 15 Personel Gabungan TNI-Polri Lakukan Patroli Cipta Kondisi

BANTAENG,UPEKS.co.id— Aparat gabungan yang terdiri dari SUBDEN POM Bantaeng, Kodim 1410 Btg dan Polres Bantaeng sebanyak 15 Personil menggelar patroli cipta kondisi untuk menciptakan situasi yang kondusif.

Sebelum Patroli Gabungan terlebih dahulu dilaksanakan Apel yang dipimpin oleh Kasat Binmas Iptu Adi Wijaya S.Pd didampingi Oleh Pawas Ipda Haeruddin yang bertempat di Rumah Jabatan Dandim 1410 Bantaeng, Sabtu 5 Agustus 2023.

Bacaan Lainnya

Pada apel tersebut dilakukan pengecekan Personil dan juga diberikan arahan bagaimana teknis di lapangan oleh pimpinan yang selanjutnya melaksanakan patroli dengan menggunakan roda dua dan roda empat.

Adapun sasaran patroli gabungan seputaran kota Bantaeng, kemudian aparat berjaga-jaga di SPBU Lamalaka dan Kp. Lasepang dan lapangan hitam pantai seruni yang disinyalir kerap terjadi gangguan Kamtibmas.

Kapolres Bantaeng AKBP Andi Kumara SH,  S.I.K melalui Kasat Binmas Iptu Adi Wijaya S.Pd selaku pimpinan patroli mengatakan bahwa patroli gabungan antara TNI, Polri dan Subdenpom merupakan suatu bentuk sinergitas didalam melaksanakan tugas untuk memberikan jaminan keamanan pada seluruh warga masyarakat.

“Dengan Sinergitas dan kerjasama dari seluruh aparat keamanan yang ada di wilayah Kabupaten Bantaeng ini, semua tugas-tugas akan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama,” ucap Kasat Binmas Iptu Adi Wijaya S.Pd.

Lebih lanjut kasat Binmas mengatakan bahwa Patroli yang dilakukan bertujuan memberikan rasa aman, perlindungan dan pengayoman serta pelayanan kepada  masyarakat sehingga tidak terjadi gangguan kamtibmas.

Adapun peranan patroli, antara lain, bahwa patroli merupakan tulang punggung dalam upaya mencegah segala bentuk kejahatan/gangguan kamtibmas, sebagai sumber informasi bagi kesatuan, perwujudan kehadiran aparat hukum di tengah masyarakat.

Sebagaimana tugas pokok Kepolisian yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 2 tahun 2012 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia yaitu melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat, serta menegakkan hukum dihadapkan dengan kondisi dan karakteristik masyarakat yang modern, tutup Kasat Binmas. (Irwan Patra)