Bupati Bantaeng Bahagia Saksikan Temu Pendidik Nusantara X

Bupati Bantaeng Bahagia Saksikan Temu Pendidik Nusantara X

BANTAENG, Upeks.co.id — Bupati Bantaeng Ilham Azikin menghadiri sekaligus membuka Temu Pendidik Nusantara (TPN) X Bantaeng di Lapangan PELTI, Kelurahan Pallantikang, Kecamatan Bantaeng, Sabtu (5/8). Kegiatan yang dihadiri 1.154 pendidik itu mengusung tema “Tumbuh Berkelanjutan, Perubahan Pendidikan Melampaui Ruang Kelas”.

Dalam kegiatan itu, terdapat kelas kompetensi berupa cerdas cermat guru. Peserta yang ikut bisa memahami level kompetensi sebagai pendidik profesional. Soal yang diujikan seputar model-model kompetensi guru.

Bacaan Lainnya

Temu Pendidik Nusantara juga menampilkan Pameran Karya di halaman Rumah Jabatan Bupati Bantaeng. Ilham Azikin dalam sambutanya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pendidik di Kabupaten Bantaeng yang terus menjaga semangat kebersamaan dan praktik-praktik baik.

“Saya tidak tahu mau berkata apa. Terlalu besar kebahagiaan saya bersama pemerintah dan masyarakat melihat semangat dan dinamika pendidik yang menjadi bagian pada pencerdasan generasi yang Insya Allah lebih baik dari kita hari ini,” kata dia.

Untuk di Pameran Karya, Ilham Azikin melihat semangat murid jauh lebih besar dalam praktik-praktik baik dibandingkan guru-gurunya.

“Saya berinteraksi dengan murid-murid di pameran karya. Besar sekali semangatnya. Ini yang kita harapkan senantiasa terjaga dan terpelihara,” kata dia.

Dihadapan ratusan pendidik yang hadir, Bupati peraih Satyalancana Wira Karya itu menyampaikan dua hal penting. Pertama, praktik baik yang hadir di lingkungan sekolah idealnya dapat dibagi dan diadaptasi di sekolah yang lain.

“Praktik baik yang ada di sekolah harus dapat dibagi dan diadaptasi sekolah yang lain. Kalau ada yang baik kemudian kita bagi saya yakin akan membawa kebermanfaatan bagi orang banyak,” kata dia.

Ke dua, segala sesuatu yang baik dalam lingkungan sekolah memberikan ruang interaksi bagi masyarakat di sekitar lingkungan sekolah.

“Artinya, kita mau keberadaan sekolah yang ada di Kabupaten Bantaeng bukan hadir sebagai lembaga yang eksklusif. Kita mau sekolah peka terhadap lingkungan di sekitar. Besar harapan kami sekolah-sekolah memberikan kebermanfaatan bagi lingkungan sekitar sekolah,” kata dia. (*)