Buka KSM Sulsel 2023, Kemenag Harap KSM Lahirkan Habibie Baru

Buka KSM Sulsel 2023, Kemenag Harap KSM Lahirkan Habibie Baru

Buka KSM Sulsel 2023, Kemenag Harap KSM Lahirkan Habibi Baru

Makassar, Upeks– Ajang adu cerdas antar pelajar melalui Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi tahun 2023 dibuka secara resmi oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, Khaeroni pada Jumat  4 Agustus 2023.

Bacaan Lainnya

Acara pembukaan yang digelar di lapangan indoor MTsN 2 Kota Makassar ini ditandai dengan penekanan switch digital pada layar LED oleh Kakanwil Khaeroni, bersama Kabag TU Ali Yafid, Kabid Pendidikan Madrasah M. Tonang serta Kepala Kemenag Kota Makassar, Irman.

Opening ceremony KSM ini berlangsung cukup meriah dengan dukungan tata panggung dan lighting serta sound system yang baik, begitu juga para penampil pengisi acara hiburan.

Dalam sambutannya, Kakanwil Khaeroni berharap siswa-siswi peserta KSM tingkat Provinsi Sulawesi Selatan ini dapat menjadi pemantik bagi pengembangan sains dan teknologi seperti di masa-masa kejayaan islam.

“Kita tentu dengar kisah Rasulullah bisa membelah bulan, tapi sayangnya kisah itu hanya dipahami sebagai mujizat semata, bukan dipahami apa makna sains dan teknologi dibalik itu,” ucapnya.

Ditambahkan Khaeroni, dalam Al Quran
terdapat lebih dari 750 ayat yang berkaitan dengan ayat angkasa serta sains dan teknologi.

“Oleh karena itu saya berharap dari adek-adek peserta KSM tahun 2023 ini akan muncul habibie-habibie baru,” ujarnya.

Untuk penyelenggaraan di tahun-tahun berikutnya, Khaeroni mengimbau agar gelaran KSM ini dilaksanakan secara bergilran di setiap kabupaten / kota se Sulawesi Selatan, dan pesertanya tidak dibatasi hanya pada siswa madrasah saja, tetap juga sekolah-sekolah negeri di bawah naungan Kemendikbud juga turut dilibatkan.

Sebelumnya, Muh. Tonang dalam laporannya selaku ketua panitia pelaksana KSM Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2023 menyampaikan bahwa KSM ini akan berlangsung secara online selama dua hari, Sabtu dan Minggu, 5 – 6 Agustus 2023.

Selain itu, M. Tonang juga meyampaikan bahwa kegiatan KSM Tingkat Provinsi ini merupakan rangkaian pelaksanaan KSM Tingkat Kab. / Kota pada bulan Juni tahun 2023 dengan peserta sebanyak 7.608.

“Dari jumlah itu kita ambil 5 peserta setiap mapel, sehimgga jumlah peserta KSM tingkat provinsi tahun ini sebanyak 1222,” ungkapnya.

Adapun peserta yang berpartisipasi pada KSM tahun ini, menurut M.Tonang sudah merata, yaitu berasal dari seluruh madrasah, baik negeri maupun swasta.

Lebih lanjut Kabid Penmad pada Kanwil Kemenag Sulsel ini mengatakan bahwa KSM ini terbuka untuk semua, baik dari madrasah negeri, swasta maupun sekolah umum yang berada di bawah Kemendikbud.

“KSM adalah alat ukur dan ruh dari madarasah itu sendiri, yakni intergerasi antar pengetahuan umum dan pengetahuan agama,” tambahnya.

Mengakiri laporannya, M. Tonang menyampaikan pemenang dari KSM ini akan diikutkan pada KSM tingkat Nasional yang akan digelar di Kota Kendari Sulawesi Tengara pada tanggal 3 -7 September 2023.

Tampak sejumlah pejabat hadir pada acara pembukaan ini, selain Kakanwil Khaeroni, hadir pula Kabag TU, dan segenap Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/ Kota se Sulsel, serta sejumlah Kepala Bidang dan Ketua Tim lingkup Kanwil Kemenag Sulsel. (tb)