Sosialisasi Perda, M Yahya Sebut Penyelenggaraan Pendidikan Penting Demi Kemajuan dan Karakter Bangsa

Sosialisasi Perda, M Yahya Sebut Penyelenggaraan Pendidikan Penting Demi Kemajuan dan Karakter Bangsa

Makassar, Upeks–Pendidikan menjadikan suatu bidang yang sangat penting dan mendapatkan perhatian dan penanganan yang utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

“Pendidikan mampu membentuk karakter masyarakat yang tentunya juga sebagai cerminan karakter sebuah bangsa. Mengingat karena sangat pentingnya pendidikan demi kemajuan dan karakter bangsa, maka pendidikan harus direncanakan dan diselenggarakan dengan sebaik mungkin,” ungkap M Yahya, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Makassar dalam Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan Tahun Anggaran 2023 Angkatan XII Bertema Peraturan Daerah (Perda) Kota Makassar No : 1 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pendidikan, di Hotel Harper by Aston, Minggu 23 Juli 2023.Sosialisasi Perda, M Yahya Sebut Penyelenggaraan Pendidikan Penting Demi Kemajuan dan Karakter Bangsa

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut Legislatif Partai Nasdem ini, mengatakan pendidikan harus dilaksanakan sesuai prinsip-prinsip sebagai acuan dalam penyelenggaraannya, agar pelaksanaan pada masing-masing jenjang pendidikan dapat berjalan dengan baik dan benar benar untuk mencapai tujuan bangsa dalam bidang pendidikan.

“Penyelenggaraan pendidikan jika tanpa berdasarkan prinsip maka akan dapat menghilangkan karakter sebuah bangsa,” tandas anggota dewan dewan Dapil Tamalanrea-Biringkanaya ini.

Senada dengan M Yahya, Staf Ahli Hukum DPRD Kota Makassar Dr Zainuddin Djaka Sh, MH sebagai narasumber, mengungkapkan, prinsip-prinsip penyelenggaraan pendidikan nasional di Indonesai sendiri diatur dalam Undang Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional BAB III pasal 4.

Prinsip penyelenggaraan pendidikan nasional antara lain pendidikan diselenggarakan secara demokratis berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi bak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural dan kemajemukan bangsa.

“Pendidikan diselenggarakan sebagai suatu kesatuan yang sistemik dengan sistem terbuka dan multimakna,” ujarnya. 

Kemudian pendidikan diselenggarakan sebagai suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat. Pendidikan diselenggarakan dengan memberi keteladanan, membangun kemauan dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran.

“Pendidikan diselenggarakan dengan mengembangkan budaya membaca, menulis dan berhitung bagi segenap warga masyarakat,” jelasnya dalam sosialisasi yang dipandu Rini Susanty H.

Selain itu, kata dia, fungsi pendidikan untuk mengembangkan kemampuan, membentuk watak serta peradaban bangsa yg bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Sementara narasumber lainnya Muh Ichsan Asyari S.Sos, M.Si (Kabag Humas & Protokol DPRD Kota Makassar, mengatakan, penyelenggaraan pendidikan di Kota Makassar meningkatkan kompetensi peserta didik dengan belajar secara mandiri dan berkesinambungan.

Kemudian mampu menggali, mengembangkan, dan memanfaatkan potensi alam sekitar untuk kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.

Pendidikan adalah terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi diri.

“Perda ini bertujuan meningkatkan kompetensi belajar secara mandiri, menciptakan peserta didik yang unggul dalam persaingan baik regional, nasional maupun global,” terangnya.

Dikatakan mendidik anak-anak tidak boleh memaksakan kehendak atau keinginan orang tua. Tapi, harus melihat kemampuan dari pada anak tersebut.

“Jangan memaksakan anak untuk memilih jadi dokter, sarjana hukum. Orang tua harus melihat kecerdasan dan kemampuan anak serta mendorong atau memotivasi anak untuk berprestasi,” tandasnya.(*)