Raih Poin 91,16, Desa Baranian Terpilih Sebagai Desa Terbaik di Sulsel

Raih Poin 91,16, Desa Baranian Terpilih Sebagai Desa Terbaik di Sulsel

Sinjai,Upeks.co.id— Prestasi membanggakan ditorehkan Kabupaten Sinjai. Desa Barania, kecamatan Sinjai Barat yang mewakili Sinjai dalam ajang lomba desa Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) keluar sebagai yang terbaik.

Desa Barania menempati urutan pertama sebagai desa terbaik dengan poin 91,16, disusul Desa Tompobulu, Pangkep diurutan kedua dengan nilai 89,06 serta Desa Paccekke kabupaten Barru diurutan ketiga dengan poin 87,34.

Bacaan Lainnya
 

Hal itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sulsel nomor 2141/VII tahun 2023 yang ditandatangani langsung Drs. H. Muh. Saleh per tanggal 3 Juli 2023.

Sedang untuk juara lomba kelurahan diraih oleh Kelurahan Maccini Sombala Kota Makassar dengan nilai 90,60, urutan kedua Kelurahan Labukkang Kota Parepare dengan nilai 90,02, serta urutan ketiga Kelurahan Bontonompo Kabupaten Gowa dengan nilai 82,78.

Kepala Dinas PMD Sinjai, Dr. Yuhadi Samad membenarkan hal tersebut. Menurutnya, hasil penilaian lomba desa tersebut merupakan akumulasi dari penilaian yang dilakukan tim penilai mulai dari pemeriksaan berkas, verifikasi Lapangan hingga pemaparan.

“Alhamdulillah wakil Sinjai, Desa Barania keluar sebagai juara pertama lomba desa tingkat provinsi,” pungkasnya.

Untuk itu, Desa Barania yang keluar sebagai yang terbaik, kata Yuhadi berhak mewakili Sulsel dalam ajang lomba desa dan kelurahan Tingkat regional 3 Sulawesi dan Kalimantan.

“Insya Allah, Desa Barania akan mewakili Sulsel dalam ajang lomba desa tingkat regional 3 nanti,” jelasnya.

Sebelumnya Desa Barania, Kecamatan Sinjai Barat menjalani penilaian atau verifikasi Lapangan oleh tim penilai dari Sulsel pada Selasa (27/6) pekan lalu.

Mereka disambut oleh Bupati yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai, Andi Jefrianto Asapa bersama Kadis PMD Sinjai, Dr. Yuhadi, Kepala OPD hingga jajaran Pemerintah Desa Barania yang dipimpin Firman M. Maddolangeng. (Awl)