JPU Kejari Makassar Tuntut Mati Dua Terdakwa Bandar Sabu 32 Kg

JPU Kejari Makassar Tuntut Mati Dua Terdakwa Bandar Sabu 32 Kg

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Dua terdakwa bandar narkoba 32 kilogram (Kg) dituntut mati oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Makassar, saat sidang pembacaan tuntutan di ruang sidang Wirjono Prodjodikoro, Senin (31/7/2023).

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Makassar, Riyen Muliana mengatakan, berdasarkan barang bukti dan fakta persidangan kedua terdakwa dinyatakan bersalah. Keduanya dijerat dengan dakwaan pertama, yakni pasal 84 ayat 2 dengan pidana mati. 

Bacaan Lainnya

“Kedua terdakwa yakni M Robby Cahyadi dan Robby Awaluddin, juga telah beberapa kali melakukan penjualan narkoba. Pelaku mendapatkan upah Rp 8 juta setiap penjualan 1 Kilogram narkoba,” kata Riyen saat membacakan tuntutannya.

Riyen juga menuturkan, hal-hal yang memberatkan kedua terdakwa adalah tindak pidana yang dilakukan terorganisir dan tidak mendukung program pemberantasan tindak pidana korupsi. Selain itu barang juga sangat banyak.

“Banyak korban yang bisa diakibatkan oleh kedua terdakwa. Hal ini harus menjadi atensi pemberantasan tindak pidana pengedaran narkotika,” tuturnya.

Diketahui, pada 5 Januari 2023 di Jl Onta Lama makassar, Polrestabes Makassar berhasil menangkap Robby Cahyadi dan Robby Awaluddin beserta barang bukti 32 bungkus kemasan teh cina warna hijau berisi narkotika jenis sabu seberat 31.491 gram.

Barang bukti tersebut, diperoleh dengan cara dijemput di Surabaya, lalu dikemas kedalam AC Portable lalu dibawa ke ekspedisi untuk dikirim ke Kota Makassar (ruko tempat tinggal tersangka).  

Kedua terdakwa ini, sudah menjemput narkotika dari Surabaya sebanyak empat kali dengan total 105 bungkus. pada Mei 2022 sebanyak 25 bungkus, Agustus 2022 sebanyak 28 bungkus, Oktober 2022 sebanyak 20 bungkus dan yang terakhir yang berhasil diungkap sebanyak 32 bungkus. (Jay)