Jemaah Kloter Pertama UPG  Berkurang, Gubernur: Setelah di Tanah Air Jauh Lebih Baik 

Jemaah Kloter Pertama UPG  Berkurang, Gubernur: Setelah di Tanah Air Jauh Lebih Baik 

Makassar, Upeks– Sebanyak 392 jemaah haji kelompok terbang (Kloter) pertama debarkasi Makassar tiba di tanah air, Rabu 5 Juli 2023. Kedatangan kloter pertama ini mengawali fase pemulangan jemaah haji Debarkasi Makassar secara bertahap hingga tanggal 4 Agustus 2023.

Jemaah kloter pertama ini tiba di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar pukul 10.45 WITA dengan pesawat Garuda Indonesia Airways (GIA1201) berpenumpang 387 jemaah asal Kota Makassar dan 5 orang petugas. Kloter ini kehilangan 1 jemaahnya atas nama Nurmi Pate Mane (73) yang meninggal di Makkah pada tanggal 27 Juni 2023 lalu karena sakit Jantung dan telah dimakamkan di Al Sharayie Makkah.

Bacaan Lainnya
 

Kedatangan kloter pertama ini disambut dalam suatu prosesi penerimaan secara resmi di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar oleh PPIH Debarkasi UPG Makassar dan Pemerintah Provinisi Sulawesi Selatan.

Gubernur Andi Sudirman Sulaiman yang hadir didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Prov. Sulawesi Selatan Naomi Octarina menyampaikan ucapan selamat datang kepada para jemaah dan mendoakan seluruh jemaah meraih predikat haji mabrur serta dapat kembali berkumpul bersama keluarga dalam keadaan sehat wal afiat.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Sulawesi Selatan, saya mengucapkan selamat datang kembali di tanah air. Insya Allah semuanya mendapatkan predikat haji mabrur dan dapat kembali berkumpul bersama keluarga dalam keadaan sehat wal afiat,” ujarnya.

Lanjut dikatakan Andi Sudirman yang juga baru saja kembali dari tanah suci menunaikan rukun islam kelima atas undangan pemerintah Kerajaan Arab Saudi, bahwa ada perbedaan haji mabrur dan tidak.

“Kemabruran haji itu dilihat dari harta yang dipakai berhaji halal atau tidak, kemudian apakah melaksanakan ibadah dengan ikhlas sesuai tuntunan Quran dan sunnah Rasulullah, banyak melakukan ibadah dan amalan-amalan selama di tanah suci, tidak bermaksiat pada waktu ihram dan setelah pulang ke tanah air jauh lebih baik daripada sebelumnya, ini yang paling penting,” tegas Gubernur.

Sebelumnya, PLH Kepala Kanwil Kemenag Sulsel Ali Yafid menyampaikan hal senada, dengan harapan seluruh jemaah haji kloter pertama debarkasi UPG Makassar meraih predikat haji mabrur. Dirinya juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada segenap anggota PPIH yang telah bekerja keras dalam membantu melayani para jemaah haji yang baru tiba dari tanah suci Makkah.
Secara khusus Ali Yafid mengajak seluruh hadirin untuk mengirimkan bacaan ummul Quran Surah Al Fatihah kepada almarhumah Nurmi Pate Mane, anggota Koter saru Debarkasi Makassar yang meniggal di Makkah.

Rangkaian seluruh seremoni penerimaan jemaah haji kloter pertama ini diakhir dengan penyerahan jemaah dari Kepala Bidang Penerimaan Jemaah PPIH Debarkasi Makassar Wahyuddin Hakim kepada Gubernur Sulsel untuk selanjutnya diserahkan kepada Kakan Kemenag Kota Makassar selaku ketua PPIH Daerah Kota Makassar.

Diinformasikan bahwa pada kloter satu ini, terdapat 79 jemaah lansia yang tentunya butuh perhatian ekstra, dan itu telah diantisipasi dengan mengerahkan sejumlah petugas PPIH dan kendaraan khusus yang menjemput para lansia tersebut di bandar udara.

Kepala Bidang Penerimaan Jemaah PPIH Debarkasi Makassar Wahyuddin Hakim mengatakan bahwa sejalan dengan tagline haji berkeadilan dan ramah lansia, PPIH Embarkasi / Debarkasi Makassar memang secara khusus menempatkan petugas yang akan melayani para lansia tersebut.

“Kita memang telah mengantiipasi itu (lansia), apalagi tahun ini Embarkasi Makassar memberangkatkan 4.581 jemaah lansia dan memang butuh perhatian ekstra. Kita benar-benar telah siap melayani para jemaah lansia dengan sejumlah sarana pendukung seperti kursi roda dan kendaraan khusus untuk mengantar dan menjemput mereka di bandara,” tandasnya. (rls)