Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, Gubernur Andi Sudirman: Momentum Menjaga Semangat NKRI

Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, Gubernur Andi Sudirman: Momentum Menjaga Semangat NKRI

MAKASSAR, UPEKS.co.id– Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman bertindak sebagai Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, di Lapangan Upacara Gubernuran, Kamis, 1 Juni 2023.

Dalam sambutannya Gubernur Andi Sudirman menyampaikan, Pancasila sebagai dasar konstitusi dan falsafah hidup dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Bacaan Lainnya
 

Hari lahir Pancasila yang mengusung tema ‘Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global’ ini diharapkan akan menjadi momentum meneguhkan komitmen agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila.

Ia menyampaikan, Pancasila menjadi energi bangsa Indonesia sebagai sebuah episentrum pertumbuhan ekonomi untuk kemakmuran seluruh rakyat Indonesia. Semangat bergotong royong untuk membangun peradaban dan pertumbuhan global.

“Upacara dengan tema Gotong Royong membangun peradaban dan pertumbuhan global menjadi momentum selalu menjaga semangat NKRI,” kata Andi Sudirman.

Tantangan yang ada saat ini, harus waspada pada segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila.

“Perlu belajar dari negara lain, yang dihantui radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara sebagai mana terjadi di berbagai belahan dunia. Dengan Pancasila dan Undang-undang Dasar 45 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kita bisa terhindar hal tersebut.

“Sebagai salah satu wujud asbab (perbuatan) persatuan Negara Kesatuan RI ini, bisa hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan negeri ini,” imbuhnya.

Ia juga menyampaikan, perlu kewaspadaan terhadap hoaks yang dapat memprovokasi dan memecah belah.

“Setiap warga wajib mencegah adanya provokasi termasuk identitas SARA, hoaks serta isu lainnya yang dapat memecah bela semangat NKRI,” ucapnya.

Usai upacara kemudian menyapa peserta upacara termasuk siswa-siswi pelajar, serta melakukan foto bersama. “Salam Pancasila, NKRI Harga Mati,” pungkas Andi Sudirman. (*)