Perangkat Daerah Diminta Hasilkan Dua Inovasi Setiap Tahun

Perangkat Daerah Diminta Hasilkan Dua Inovasi Setiap Tahun
SOPPENG, UPEKS.co.id – Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Soppeng menggelar Penganugerahan Penghargaan Inovatif Latemmamala 2023.
Penganugerahan Penghargaan Inovatif Latemmamala 2023 itu berlangsung di ruang pola kantor Bupati Soppeng, Selasa (06/06/2023).
Ketua Panitia, Andi Agus Nongki dalam laporannya mengatakan, Innovative Government Award yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri setiap tahun menjadi upaya pemerintah dalam menumbuh kembangkan inovasi di daerah.
Penganugerahan Inovatif Latemmamala merupakan kegiatan lomba inovasi daerah untuk persiapan pelaporan Indeks inovasi daerah.
Kategori peserta yang mendapatkan anugrah tahun 2023 yaitu peran daerah/inovator terinovatif, dengan tujuan untuk memberikan apresiasi kepada para inovator yang telah mengusulkan proposal inovasi yang terbaik dalam lomba inovasi daerah.
Adapun tim penilai dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yaitu, Mardiyanto Wahyu Tryatmoko, Kepala Pusat Inovasi Pemerintah Dalam Negeri dan Adi Suhendra, Peneliti Ahli Madya Pusat Riset Pemerintah Dalam Negeri.
Dalam sambutannya, Kepala Pusat Inovasi Pemerintah Dalam Negeri, Mardiyanto Wahyu Tryatmoko mengatakan, dari 40 yang yang mengajukan proposal, hanya ada 10 top besar.
“Mudah-mudahan dapat menjadi contoh untuk yang lain. Baik itu instansi pemerintah, ataupun perseorangan,” ujarnya.
Dalam inovasi ini, ada beberapa yang harus diperhatikan untuk menuju ke tingkat lebih atas lagi, apalagi yang utama adalah proposalnya.
“Isi dari proposal ini betul-betul harus diperhatikan sesuai dengan inovasi yang kita bawakan,” jelasnya.
Apalagi masih ada indikator-indikator lain yang perlu diperhatikan, seperti dengan aktor, riset dan masih banyak yang lainnya.
“Perlu kami sampaikan juga bahwa yang masih kurang inovasi yaitu dari masyarakat. Kami harap dapat mengajak masyarakat untuk bisa berinovasi,” katanya.
Sementara Wakil Bupati Soppeng, H. Lutfi Halide mengungkapkan, majunya suatu daerah sangat ditentukan inovasi yang dilakukan oleh daerah.
Untuk itu, diperlukan upaya untuk memacu kreatifitas daerah untuk meningkatkan daya saing daerah dalam rangka percepatan dan upaya menciptakan perubahan kepada tradisi, pola dan cara baru melalui gerakan satu perangkat daerah satu inovasi, yaitu gerakan yang mewajibkan 1 perangkat daerah menghasilkan sedikit 2 inovasi setiap tahun sebagai upaya menuju kabupaten terinovatif.
“Saya mengimbau kepada kepala SKPD untuk senantiasa menciptakan budaya inovasi dilingkungan kerjanya masing-masing dengan memperkenalkan gagasan atau ide yang unik dan pendekatan baru dalam penyelesaian masalah dengan memperlihatkan hasil nyata dalam pelayanan publik,” jelasnya.
Tak lupa, Lutfi juga menyampaikan ucapan selamat kepada para inovator yang terinovatif untuk Bumi Latemmamala dan dinyatakan lolos tahap evaluasi untuk ditetapkan sebagai inovasi daerah.
“Semoga semangat berinovasi dan berkompetisi positif untuk berlomba-lomba dalam peningkatan kualitas pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat dapat terus meningkat demi mewujudkan Soppeng yang lebih melayani, maju dan sejahtera,” tandasnya.
Adapun hasil dari Penganugerahan Penghargaan Inovatif Latemmamala 2023 yang mendapatkan piagam penghargaan:
1. Kelas OGI, Kelas Berorientasi Bugis, Inovator : Rahmaningsih.
2. SUTASOMA (Sistem Perlindungan Petani Soppeng Maju dan Sejahtera), Inovator : Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan.
3. Mobile Class Mario, Inovator : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
4. BASMI PELAKOR GASTU (Bersama Kami Petugas Lacak Kesehatan Orang Terduga Tuberculosis), Inovator : Hj. Andi Nirmayana.
5. KERAMAT KELOR (Kreasi Makan Daun Kelor Setiap Hari Minggu Desa Enrekeng untuk cegah BBLR dan Stunting), Inovator : Puskesmas Ganra.
6. SECEPAT KILAT (Sistem Cepat Kelola Distribusi dan Laporan Obat), Inovator : Puskesmas Takalala.
7. BAYI PAPA (Bayi Lahir Pulang Dapat Akta) inovator : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
8. Smart Class Device, Inovator : UPTD SPF SDN 53 Lajarella.
9. PTSP dalam Genggaman, Inovator : Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Tenaga Kerja dan Transmigrasi.
10. FOR KIA (Forum Rujukan Kesehatan Ibu dan Anak), Inovator : RSUD Latemmamala.
Kategori Terinovatif:
– Kategori SKPD Terinovatif yang menginput Inovasi terbanyak : RSUD La Temmamala Kabupaten Soppeng
– Kategori Display Terbaik : Smart Class Education UPTD SPF SDN 53 Lajarella.
Kemudian, pemenang Top 6 Inovasi Latemmamala tahun 2023, yang mendapatkan trophy dan uang pembinaan masing-masing Rp2 juta yakni:
1.Kelas OGI
2.Mobile Class mario
3.Keramat Kelor
4.Sutasoma
5.Basmi Pelakor Gastu
6.Bayi Papa.
(amin)