Lepas 185 CJH, Muslimin Bando Pesan Di Tanah Suci Fokus Ibadah Bukan Beli Barang Yang Tidak Penting

Lepas 185 CJH, Muslimin Bando Pesan Di Tanah Suci Fokus Ibadah Bukan Beli Barang Yang Tidak Penting

ENREKANG, UPEKS.co.id — Bupati Enrekang Muslimin Bando memberikan ucapan selamat jalan kepada 185 Calon Jemaah Haji Enrekang yang berangkat menunaikan Ibadah Haji tahun ini.

Bupati berpesan agar Rombongan CJH Enrekang tidak membawa sifat asli setibanya di Tanah Suci, tapi utamakan saling membantu dan menolong dengan ikhlas karena Allah.

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan Bupati saat memberi sambutan pada pelepasan CJH yang berlangsung di Alun-alun Lapangan Sepakbola Abubakar Lambogo, Batili, Kecamatan Enrekang, Selasa malam 6 Juni 2023.

” Selamat memenuhi panggilan Allah SWT, fokus beribadah karena Allah dan bawa nama baik daerah kita selama berada di Tanah Suci”. Ucapnya

” Jangan bawa sifat asli ta disana, jangan pelit berbagi, mohon kepada Allah agar kita tidak diperlihatkan hal-hal yang tidak baik disana. Selagi kita mampu menolong saudara kita tolonglah. Tapi jangan juga membuat orang lain susah karena kita. Jadi saling bantu dan saling mengerti Ki”. Pesan Bupati.

” Jangan Ki baru turun dari pesawat langsung beli ceret, seprei, sajadah dan barang-barang yang tidak penting yang ada semua di jual di Indonesia. Sehingga belum selesai seluruh rangkaian Haji kita kopor kita sudah penuh barang belanjaan, ini juga bisa merepotkan teman-teman yang lain yang membantu mengangkat barang-barang bawaan kita”. Ujarnya.

Bupati minta agar CJH Enrekang belajar mandiri jika mampu mandiri setibanya di Tanah Suci. Jangan mengutamakan yang Sunnah sehingga yang wajib jadi terbengkalai. CJH Enrekang harus mengutamakan kesehatan, memperlihatkan bahwa Jemaah Haji dari Indonesia adalah yang terbaik didunia.

” yang paling terakhir saya berpesan jaga kesehatan dan jangan ada perasaan riya’ didalam hati kita. Jangan sampai karena terlalu besar Riya’nya sehingga kita pulang dari Tanah Suci kita memperlihatkan penampilan yang berlebihan”. Tutupnya.

 CJH Enrekang tahun ini masuk pada kelompok terbang (kloter) 21 bersama dengan Makassar, Wajo dan Palopo. Bupati tak henti-henti mengingat CJH Enrekang yang 80 persen berusia 60 tahun keatas untuk menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi air sebanyak-banyaknya, makan buah-buahan, selalu berkonsultasi dengan Tim Medis dan selalu menyiram rambut setiap kali mandi karena kondisi Tanah Suci saat ini sangat panas dan berdebu.

Selain Bupati, Pelepasan CJH juga dihadiri Wakil Bupati, Ketua DPRD, Forkopimda, Kepala Kemenag, Ketua TP PKK, para Pimpinan OPD dan undangan lainnya (Sry)