Inilah Profil Ulfiah Syukri, Wisudawan Terbaik Unismuh Makassar

Inilah Profil Ulfiah Syukri, Wisudawan Terbaik Unismuh Makassar

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Prof Ambo Asse memberikan penghargaan kepada sembilan wisudawan dan wisudawati berprestasi terbaik di tingkat fakultas dan program Pascasarjana. Penghargaan diberikan pada wisuda ke-79 Unismuh di Gedung Balai Sidang Muktamar, Kampus Unismuh Makassar.

Adapun wisudawan yang mendapat penghargaan yakni, Muhammad Risqullah Ammar (Prodi Pendidikan Dokter, FKIK), asal Gowa dengan IPK 3.54, Irmawati (Prodi Pendidikan Agama Islam, FAI) asal Bone dengan IPK 3.86.

Bacaan Lainnya

Frimansyah (Prodi Akuntansi, FEB) asal Wajo dengan IPK 3.76, Nurul Asyifa Krama (Prodi Pendidikan Guru PAUD, FKIP) asal Gowa dengan IPK 3.66. St Nur Amalia (Prodi Teknik Pengairan, FT) asal Gowa dengan IPK 3.90.

Ulfiah Syukri (Prodi Ilmu Pemerintahan, FISIP), asal Barru dengan IPK 4.00, Risal (Prodi Agroteknologi) asal Gowa, dengan IPK 3.90.

Wisudawan terbaik dari Program Pascasarjana yakni Abd Rahman BP (S2 Pendidikan Sosiologi, PPs) asal Gowa dengan IPK 3.96, dan Drs HM Arfah Bas’ha (S3 Pendidikan Islam, PPs), asal Selayar dengan IPK 3.3.

Dari sembilan wisudawan dan wisudawati berprestasi terbaik tingkat fakultas, diumumkan tiga wisudawan terbaik tingkat Universitas. Wisudawan terbaik 1, yakni Ulfiah Syukri dari Prodi Ilmu Pemerintahan. Terbaik 2, Muhammad Risqullah Ammar dari Pendidikan Dokter, serta terbaik 3 Irmawati dari Pendidikan Agama Islam.

Bagi wisudawan terbaik 1, Ulfiah Syukri dianugerahi beasiswa studi lanjut, serta diprioritaskan untuk diangkat sebagai dosen tetap di Unismuh Makassar apabila tekah menyelesaikan S2.

Rektor Prof Ambo Asse usai memberikan penghargaan menyampaikan selamat dan sukses kepada wisudawan dan wisudawati serta terkhusus bagi alumni berprestasi semoga ilmu yang diperoleh mendapat berkah dan  manfaat karena diamalkan dan dikembangkan untuk kepentingan agama dan kemanusiaan.

Rektor Unismuh Prof Ambo Asse menyampaikan selamat kepada para wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikannya.

“Selamat berbahagia, dan sukses selalu dalam lindungan Allah SWT keluar sebagai lulusan Universitas Muhammadiyah Makassar, semoga ilmu yang diperoleh mendapat berkah dan manfaat karena diamalkan dan dikembangkan,” ujarnya.

Ambo Asse juga menyampaikan terima kasihnya kepada orang tua wisudawan, “Kepada Orang tua wisudawan, saya sampaikan bahwa ananda yang diwisuda hari ini pada umumnya berprestasi dan memiliki potensi keilmuan sesuai bidangnya, dan patut untuk  dikembangkan pada pendidikan yang lebih tinggi,” ungkap Prof Ambo.

Rektor Prof Ambo Asse juga dalam kesempatan ini menyampaikan terimakasih kepada seluruh tim yang bersinergi menyelenggarakan proses penyelesaian catur dharma hingga menghasilkan lulusan 1.247 pada periode wisuda ke-79.

“Kerjasama yang selama ini dibangun dalam memberi layanan prima yang berkualitas kepada mahasiswa sampai dapat menyelesaikan studinya tidak lain dilakukan untuk kemajuan persyarikatan Muhammadiyah,” tutup Prof Ambo Asse.

Profil Wisudawan Terbaik

Wisudawan terbaik Unismuh, Ulfiah Syukri lahir di Mangempang Barru pada tanggal 17 Januari 2002, dari pasangan Syukri Wahid, S.Pd dan Sumiati. Ia menyelesaikan pendidikan dasar di SD Negeri No.12 Mangempang, melanjutkan ke SMPN 1 Barru, dan menempuh pendidikan menengah atas di SMA Negeri 6 Barru.

Ulfiah memilih melanjutkan pendidikan tinggi di Prodi Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar. Menurutnya, kampus biru ini tidak hanya mampu menciptakan individu yang cerdas, tetapi juga mampu membangun lingkungan yang positif dengan menjunjung tinggi nilai-nilai Islam.

Ia senang kuliah di kampus milik Muhammadiyah itu, karena keterlibatan aktif Unismuh dalam mengadakan berbagai kompetisi bagi mahasiswanya. Selama masa kuliahnya, Ulfiah telah mengikuti berbagai kompetisi, baik tingkat nasional maupun internasional.

Salah satu pencapaiannya yang mengesankan adalah saat ia menjadi delegasi pertukaran pelajar di Asia University, Taiwan, yang dibina oleh LPBKUI Unismuh Makassar.

Selain aktif sebagai mahasiswa, Ulfiah juga menjadi anggota Forum Pemuda Pelopor Indonesia Provinsi Sulsel. Ia juga menjabat sebagai Chief Creative Officer di organisasi yang kini telah bertransformasi menjadi startup bernama “Belajar Bersama”.

Selama masa studinya, Ulfiah telah melaksanakan berbagai kegiatan yang luar biasa, termasuk mengadakan program bimbingan belajar untuk SKD CASN, English Talk, serta menerbitkan dua buku. Salah satu bukunya merupakan hasil kerja sama antara Program Studi Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar dan UM Malang.

Ia mampu menjalani semua ini dengan baik berkat komitmennya dalam mengelola waktu, yang terbagi antara kegiatan organisasi dan perkuliahan.

Prestasi akademik Ulfiah sangat cemerlang. Ia berhasil meraih IPK 4.0 dan tetap aktif berorganisasi serta membangun bisnis sebagai Chief Creative Officer di PT Belajar Bersama Nusantara.

Baginya, pilihan jurusan yang telah diambil tidaklah salah. Di dalam lingkungan pendidikannya, ia merasa mendapatkan dukungan dan apresiasi yang besar untuk menyalurkan bakat dan kemampuannya.

Sebagai wisudawan terbaik, Ulfiah berharap dapat terus mengembangkan dirinya sendiri dan membimbing mahasiswa lainnya dalam mengikuti kegiatan nasional maupun internasional. (aca).