Wabup Lutfi Pimpin Upacara Bendera Peringati Harkitnas ke-115 Tahun

Wabup Lutfi Pimpin Upacara Bendera Peringati Harkitnas ke-115 Tahun

SOPPENG, UPEKS.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 tahun 2023.

Upacara Harkitnas ke-115 yang dipimpin Wakil Bupati Soppeng, Ir. Lufti Halide ini berlangsung di halaman Kantor Bupati Soppeng, Senin, 22 Mei 2023.

Bacaan Lainnya
 

Pada kesempatan itu, Wabup Soppeng membacakan sambutan Plt Menteri Komunikasi dan Informatika RI Moh Mahfud MD menyampaikan, 115 tahun lalu bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala. Ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908.

“Sejak saat itu, gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil, dan makmur,” ungkapnya.

Lanjut dikatakan, barisan persatuan yang dibentuk oleh Boedi Oetomo adalah suatu pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan di masa yang sulit, baik pada masa pra Kemerdekaan maupun pasca Kemerdekaan.

Di masa ini, di saat Kemerdekaan telah kita raih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak mengobarkan api semangat untuk bangkit demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Hari Kebangkitan Nasional, kata dia, hari ini juga dimaknai dengan memperingati perjuangan bersama.

Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahu membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa kita dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun.

Selain itu, kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia juga ditunjukkan melalui kiprah kita di berbagai forum internasional. Dunia telah menyaksikan kepiawaian Indonesia dalam memimpin forum yang beranggotakan 20 negara/entitas regional dengan kekuatan ekonomi terbesar, yakni G20.

“Presidensi G20 Indonesia di tahun 2022 semakin membawa harum nama Ibu Pertiwi dalam mendorong semangat untuk bangkit di tingkat dunia dengan mengangkat tema Recover Together, Recover Stronger,” urainya. (*)