Tiga Dosen UIN Alauddin Jadi Tim Seleksi Anggota Bawaslu Zona Sulsel I

Tiga Dosen UIN Alauddin Jadi Tim Seleksi Anggota Bawaslu Zona Sulsel I

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Tahapannya seleksi calon anggota Bawaslu Kabupaten/kota seluruh Indonesia termasuk provinsi Sulawesi Selatan akan digelar. Persiapan dan rapat tim seleksi telah digelar di hotel Sintesa Peninsula Manado pada tanggal 10 hingga 12 Mei 2023.

Dari empat zona seleksi di Sulawesi selatan terdapat tiga pansel yang merupakan Dosen UIN Alauddin Makassar. Di zona 1 ada Muhammad Ridha, S. Hi, MA dan Dr. Mardia, S.Ag. M.PD dan di zona 2 ada Dr.Asni, S.Ag, M.Hi.

Bacaan Lainnya

Muhammad Ridha, S.Hi, MA adalah akademisi/dosen fakultas Usuhuluddin, Filsafat dan Politik UIN Alauddin Makassar dan penulis sejumlah buku. Sementara Dr. Mardia adalah dosen DPK UIN yang saat ini menjabat sebagai ketua STAI DDI Pinrang sementara Dr. Asni, S.Ag, M.Hi adalah dosen fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar.

Muhammad Ridha meminta doa agar para timsel dapat menjalankan amanah dengan baik. “Doakan yah kami bisa menjalankan amanah dengan baik dan bisa menghasilkan calon anggota bawaslu yang kompeten dan kredibel,” ujarnya.

Untuk diketahui, Zona 1 terdiri atas enam kabupaten/kota yakni Kabupaten Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Selayar dan Sinjai. Sementara zona 2 terdiri atas enam kabupaten/kota yakni Kabupaten Gowa, Kota Makassar, Maros, Pangkep, Barru dan Bone.

Di zona 1 akan memperebutkan kursi anggota komisioner bawaslu masing-masing 3 setiap kabupaten kota. Sementara zona dua, terdiri atas kabupaten kota yang memiliki 3 dan 5 anggota komisioner. Maros, pangkep dan Barru masing-masing tiga orang sementara Gowa, Makassar dan Bone masing-masing 5 kursi komisioner.

Tahapan perekrutan akan dimulai penyusuran jadwalnya pekan depan. Dan proses seleksinya akan berlangsung seluruh tahapannya sampai dengan akhir Agustus 2023 dimana telah terpilih seluruh anggota Bawaslu tiap kabupaten dan Kota. (jir)