Prodi PWK FT Unismuh Jalani Asesmen BAN-PT

Prodi PWK FT Unismuh Jalani Asesmen BAN-PT

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar tengah menjalani proses asesmen lapangan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), 21-23 Mei 2023

Sebelumnya, dua program studi lain, yaitu Prodi Arsitektur dan Prodi Informatika, juga telah mengikuti asesmen BAN-PT pada bulan yang sama. Prodi Arsitektur berhasil meraih akreditasi Unggul setelah melewati proses asesmen tersebut, menunjukkan kualitas pendidikan yang tinggi dan komitmen fakultas dalam memberikan pembelajaran berkualitas kepada mahasiswa. Sementara itu, hasil asesmen untuk Prodi Informatika belum keluar, namun diharapkan prodi ini juga dapat meraih akreditasi yang membanggakan seperti prodi sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Tim asesor BAN-PT yang melakukan asesmen di Prodi PWK Unismuh terdiri dari Prof. Dr. Rudiarto, ST, M.Sc dari Universitas Diponegoro, dan Dr. Ir. Mohamad Muqoffa, MT dari Universitas Sebelas Maret, serta pendamping dari BAN-PT. 

Sebelum memulai asesmen, tim asesor diterima oleh Rektor Unismuh, Prof. Ambo Asse, di ruang kerjanya yang berada di lantai 17 Gedung Iqra Unismuh, Senin, 22 Mei 2023.

Turut mendampingi dalam pertemuan tersebut adalah Wakil Rektor I, Dr. Ir. H Abd Rakhim Nanda, Wakil Rektor IV, Dr. H Mawardi Pewangi, Dekan FT, Dr. Hj Nurnawaty, serta para wakil dekan dan ketua prodi lainnya. Ketua Bapepan dan IT, Dr. Khaeruddin, M.Pd, serta Ketua BPM, Dr. Burhanuddin, juga hadir dalam acara tersebut.

Rektor Prof. Ambo Asse menyambut tim asesor BAN-PT dengan ucapan selamat datang dan berharap hasil asesmen dapat memenuhi harapan bersama. Ia juga memperkenalkan Unismuh kepada tim asesor, termasuk sarana dan prasarana yang dimiliki, jumlah fakultas dan program studi yang ada, serta proyek-proyek pembangunan yang sedang berlangsung.

Prof. Ambo Asse menyampaikan bahwa Program Studi PWK adalah yang pertama kali mengikuti asesmen oleh BAN-PT, dan ia berharap prodi ini dapat meraih akreditasi sesuai harapan. Rektor juga berharap tim asesor dapat memberikan bimbingan dan masukan berharga untuk meningkatkan mutu program studi di Fakultas Teknik Unismuh Makassar.

Selain itu, Prof. Ambo Asse menjelaskan bahwa Unismuh memiliki 8 program studi terakreditasi unggul, 11 program studi terakreditasi A, 11 program studi terakreditasi baik sekali, dan 9 program studi terakreditasi B. Tidak ada lagi program studi yang belum terakreditasi baik oleh BAN PT maupun Lembaga Akreditasi Mandiri. 

Selama asesmen, tim asesor akan fokus pada beberapa hal, seperti rencana pengembangan Unit Pengelola Program Studi (UPPS), sistem tata pamong, sistem pengelolaan capaian UPPS yang dilaporkan, dan rencana pengembangan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota. Mereka juga akan melakukan konfirmasi terkait data Laporan Kinerja Program Studi (LKPS), pelaksanaan Pengukuran Mandiri Internal (PMI), dan manajemen UPPS.

Tim asesor sangat berterima kasih atas sambutan yang baik dan berharap asesmen dapat berjalan lancar. Mereka berharap hasil asesmen dapat memenuhi harapan bersama dan menghasilkan sesuai yang diinginkan.

Dalam upaya meningkatkan mutu program studi, Fakultas Teknik Unismuh Makassar terus berupaya melalui asesmen BAN-PT. Dengan mengikuti proses asesmen ini, diharapkan Prodi PWK dapat memperoleh akreditasi yang membanggakan. (aca)