Poltekpar Makassar Gelar Bimtek Wisata di Enrekang

Poltekpar Makassar Gelar Bimtek Wisata di Enrekang

Makassar, Upeks–Program Studi Diploma 4 Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Politeknik Pariwisata Makassar menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Bidang Pariwisata di Kabupaten Enrekang, 11 s.d. 12 Mei 2023. Kegiatan Bimtek tersebut mengangkat tema “Pengelolaan Produk Perjalanan di Destinasi Wisata Enrekang”.

Dalam sambutannya Ketua Jurusan Perjalanan Poltekpar Makassar Drs. H. Amirullah, M.Pd. mengatakan bahwa kegiatan Bimtek ini merupakan salah satu pogram kerja Prodi UPW yang juga sebagai perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat.

Bacaan Lainnya
 

“Pemilihan Kabupaten Enrekang sebagai lokasi Bimtek kali ini merupakan tindak lanjut atau implementasi dari MoU Kerjasama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Enrekang dan Poltekpar Makassar serta banyaknya potensi wisata yang msih perlu untuk dikembangkan,” jelasnya.

Bimtek yang dilaksanakan di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Kabupaten Enrekang ini diikuti oleh 30 orang peserta yang merupakan perwakilan Pengelola Desa Wisata yang ada di Kabupaten Enrekang. Kegiatan Bimtek ini juga dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Kepemudaan Olah raga dan Pariwisata Kabupaten Enrekang, Bapak Achmat Faizal, SH., MH.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan Bimtek ini Kepala Dinas Kepemudaan Olah raga dan Pariwisata (Dispopar ) Kabupaten Enrekang, Bapak Achmat Faisal, SH., MH. mengatakan bahwa tahun ini Dispopar Kab. Enrekang menargetkan pelaksanaan 24 kegiatan termasuk event promosi dan event pariwisata serta termasuk Pelatihan dan Bimtek Pengelolaan Produk Perjalanan Wisata dilaksanakan atas kerjasama pemerintah daerah Kab. Enrekang dengan Poltekpar Makassar.

“Kami di Dispopar dan Bapak Bupati punya keinginan bagaimana kita mengubah mindset orang-orang yang selama ini mengatakan bahwa Enrekang adalah jalur perlintasan, hari ini dengan adanya bimtek ini kita harus mengubah bahwa Enrekang bukan lagi jalur perlintasan tetapi Enrekang sekarang adalah Tujuan persinggahan,” jelasnya.

Adapun narasumber pada Bimtek ini adalah Achmat Faisal, S.H., M.H yang membawakan materi “Potensi dan Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Sektor Pariwisata 2023”, Eka Pebryanzah, A.Ksi., M.AP yang membawakan materi “Produk Desa Wisata Destinasi Desa Wisata”, Drs. H. Amirullah, M.Pd. yang membawakan “Pola Perjalanan Wisata”, dan Dr. Windra Aini, MM. yang membawakan materi “Inovasi dan Interpretasi Produk Desa Wisata”. (*)

Pos terkait