Pimpin Hardiknas 2023, Wabup Saiful Arif Sampaikan Pesan Mendikbudristek

Pimpin Hardiknas 2023, Wabup Saiful Arif Sampaikan Pesan Mendikbudristek
Selayar, Upeks.co.id – Mengenakan pakaian adat Nusantara (Sulawesi Selatan) Wakil Bupati Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif memimpin upacara peringatan Hari  Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 dirangkaikan Hari Kesadaran Nasional di Lapangan Beringin Polebunging Kecamatan Bontomanai Selayar, Selasa (17/5/2023) pagi.
Upacara dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Anggota DPRD, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perwakilan guru, pelajar, pegawai Aparatur Sipil Negara Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Selayar juga dengan mengenakan pakaian adat Nusantara.
Upacara Hardiknas 2023 tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar ini berlangsung khidmat dan tertib mulai dari penghormatan, pengibaran bendera merah putih, hening cipta pembacaan teks Pancasila, pembacaan teks Pembukaan UUD 1945 hingga doa.
Wakil  Bupati H. Saiful Arif membacakan naskah sambutan seragam Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menyampaikan bahwa  selama tiga tahun terakhir, perubahan besar di dunia pendidikan telah terjadi dari ujung barat sampai ujung timur setelah 24 episode Merdeka Belajar diluncurkan di indonesia.
“kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat,” kata Menristekdikti Nadiem Anwar Makarim dalam pidato yang dibacakan Wabup Saiful Arif
Anak-anak sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran Merdeka, Para guru pun sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya platform Merdeka mengajar dan kurikulum Merdeka.
Kata Nadiem, Transformasi yang pasif ini sudah sepatutnya dirayakan dengan penuh syukur dan semarak, karena semua adalah hasil dari kerja keras dan kerjasama kita.
“Layar yang sudah kita bentangkan jangan sampai terlipat lagi. Kita semua, para pendidik dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik di seluruh penjuru Nusantara, adalah kapten dari kapal besar yang bernama Indonesia ini. Perjalanan harus kita lanjutkan, perjuangan mesti kita teruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita” ucapnya
Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan.
Sementara itu, Wabup Saiful Arif pada sesi wawancara menyampaikan harapan agar peringatan Hardiknas ini tidak sekedar sebagai acara seremonial belaka, dan menggugurkan kewajiban, tetapi harus ada nilai dan subtansi yang diambil sebagai evaluasi untuk lebih baik dimasa-masa yang akan datang untuk selayar yang lebih maju dan berkembang.
Pada pelaksanaan upacara Hardiknas Wabup Saiful Arif juga melaunching senam caraddek yang merupakan senam lokal selayar.
Selanjutnya setelah pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan kunjungan ke stand Pemeran Pendidikan dan Sepekan Kreatifitas Guru dan Peserta Didik yang diikuti oleh Guru Penggerak dan Tenaga Pendidik dari 11 Kecamatan se Kabupaten Kepulauan Selayar.
Hari Pendidikan Nasional Tahun ini mengusung tema “Dengan semangat Hardiknas Kita Wujudkan Sekolah Penggerak dan Giat IKM” (Sya)