Peringati HLUN, Dinkes-Dompet Dhuafa Gelar Pemeriksaan Kesehatan di 5 Puskesmas

Peringati HLUN, Dinkes-Dompet Dhuafa Gelar Pemeriksaan Kesehatan di 5 Puskesmas

Makassar, Upeks– Dalam upaya mengoptimalkan peran lansia agar menjadi lansia yang SMART (Sehat, Mandiri, Aktif, dan Produktif) dan berdayaguna. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar,menggandeng LKC Dompet Dhuafa sebagai mitra strategis untuk mengoptimalkan kegiatan HLUN (Hari Lanjut Usia Nasional) dengan menggelar kegiatan Senam dan Skrining Kesehatan Lansia di 5 Puskesmas di Kota Makassar yakni Puskesmas Kassi Kassi, Puskesmas Pampang, Puskesmas Jongaya, Puskesmas Dahlia, dan Puskesmas Kaluku Bodoa pada hari Rabu dan Kamis, tanggal 10 dan 11 Mei 2023.

Kegiatan ini masih dalam rangka peringatan HLUN (Hari Lanjut Usia Nasional) yang bersinergi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Dinas Keehatan Kota Makassar.

Bacaan Lainnya

Sejumlah rangkaian kegiatan dilangsungkan hari ini, seperti senam, pemeriksaan Kesehatan, dan skrining Kesehatan lansia dengan jumlah penerima manfaat 3.00 lansia.

“Hari ini LKC Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan telah melaksanakan beberapa acara, yang pertama ada senam, pemeriksaan Kesehatan meliputi (cek gula darah, kolesterol, dan asam urat), dan skrining Kesehatan lansia  yang meliputi pemeriksaan GDS (Geriatric Depression Scale), Skrining ADL (Activity Daily Living), Pengkajian Resiko Jatuh, dan Nutrisi dengan sasaran para lansia yang berusia 60 tahun keatas di tiap puskesmas,” tutur Maryunita Yusmar, Penanggung Jawab rangkaian HLUN LKC DD-Sulsel.

Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung sejak pukul 08.00-13.00 Wita, dan mendapatkan tanggapan baik dari para lansia. Terlihat antusiasme para lansia berkunjung ke lokasi pemeriksaan dan menghampiri meja pemeriksaan. Salah seorang lansia bernama Rosnani berusia 65 tahun mengaku kegiatan ini sangat bermanfaat terlebih lagi tanpa dipungut biaya.

“Dompet Dhuafa akan terus memberikan berbagai layanan salah satunya dalam bidang Kesehatan melalui LKC. Kesehatan sendiri sudah menjadi salah satu pilar penting dalam visi Dompet Dhuafa untuk mengentaskan kemiskinan. Kedepan, akan dilaksanakan layanan-layanan Kesehatan lainnya yang juga menjangkau pelosok negeri,” tutur Asdinullah Saudin, Pimpinan LKC Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan.(*)

Pos terkait