Pembekalan Mahasiswa KKN Tematik Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar

Pembekalan Mahasiswa KKN Tematik Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar

 

MAKASSAR, Upeks.co,id — Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan, Dra. Hj. Andi Ritamariani hadir memberikan materi tentang Integrasi dan Kemitraan dalam Percepatan Penurunan Stunting dalam kegiatan Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Makassar, Kamis (04/05/2023).

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang berlangsung di Aula Andi Cecep Asaad Lantara STIK Makassar ini bertujuan memberikan pembekalan kepada mahasiswa yang akan melakukan KKN Tematik di Kabupaten Jeponto yang direncakan akan berlansung pada tanggal 09 Mei hingga 22 Juni 2023 mendatang.

Dihadapan Ketua Yayasan STIK Makassar dan seluruh citivitas akademika serta mahasiswa STIK Makassar yang hadir, Andi Rita mengatakan bahwa sesuai dengan Peraturan Presiden No. 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, penanganan stunting dapat diupayakan melalui pendekatan keluarga melalui pendampingan kepada sasaran berisiko stunting yaitu remaja sebagai calon pengantin, ibu hamil, dan ibu melahirkan dan bayi dibawah dua tahun.

Andi Rita berharap lewat KKN Tematik ini, mahasiswa dapat bekerjasama dengan Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan Tim Pendamping Keluarga dalam melakukan Pendampingan kepada keluarga berisiko stunting berdasarkan indentifikasi data keluarga berisiko stunting hasil Pendataan Keluarga.

“Pendampingan dapat dilakukan melalui KIE kepada sasaran keluarga berisiko seperti apa itu stunting, apa dampaknya dan bagaimana mencegahnya. Mahasiswa juga dapat melakukan edukasi terkait Gizi Keluarga berbasis pangan lokal lewat program Dashat” lanjut Andi Rita.

Kehadiran mahasiswa di lokus KKN juga diharapkan memperkuat jalannya program Bangga Kencana di daerah setempat.

“Mahasiswa dapat melakukan pembinaan Program Bangga Kencana bersama PKB dan PLKB melalui kelompok poktan, PIK Remaja, dan kegiatan di Kampung KB yang mencakup Rumah Data Kependudukan dan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat),” Kata Andi Rita.

Andi Rita mengungkapkan dukungan BKKBN Sulel dalam KKN tematik ini yaitu penyediaan data hasil PK dan pendampingan oleh PKB.

“Selain itu BKKBN juga menyediakan Soft file Buku Pintar Stunting yang menjadi pegangan oleh mahasiswa selama dilapangan”, tutup Andi Rita.