Musa Salusu Resmi Mendaftar Jadi Bakal Calon DPD RI Dapil Sulsel

Musa Salusu Resmi Mendaftar Jadi Bakal Calon DPD RI Dapil Sulsel

Tator,Upeks.co.id— Pendeta Musa Salusu resmi mendaftarkan dirinya sebagai bakal calon anggota DPD RI Dapil Sulsel di KPU Sulsel, Kamis (11/5/2023). 

Ia bersama LO dan tokoh-tokoh pendamping diterima di ruang paripurna KPU Sulsel pada Pukul 09.00-10.00 Wita, kemarin. 

Bacaan Lainnya

Pendaftaran ini dilaksanakan pasca Pendeta Musa Salusu dinyatakan lolos verifikasi administrasi dan verifikasi faktual satu putaran pada bulan Desember 2023. 

Mantan Ketua Pekerja Sinode (BPS) Gereja Toraja ini turut didampingi, Agustinus Bendahara Umum Pengurus Pusat PKB-GT, Pendeta Aser Ilu Ketua Tim Relawan MS, Pendeta DR. Markus Lolo direktur eksekutif program pasca sarjana STT Intim Makassar, Maga Pagiling relawan MS makassar serta beberapa relawan lainnya yang turut hadir mendampingi proses tersebut. 

Dalam proses pendaftaran tersebut, Pendeta  Musa Salusu menyerahkan berkas-berkas persyaratan seperti ijasah disemua tingkatan jenjang pendidikan, SKCK, bebas narkoba, dan beberapa berkas lainnya.

Resminya Musa Salusu mendaftar di KPU Sulsel menjadi awal tim penggerak MS untuk siap bertarung di 24 Kabupaten mendukung MS merebut kursinya di DPD RI dari Dapil Sulsel. 

Gempur Amelya, Konsultant Politik Musa Salusu mengatakan berdasarkan survei yang dilakukan sebelum pendaftaran calon, Musa Salusu dinilai memiliki potensi kuat. 

“Dari hasil survei awal yang dilakukan dalam tiga bulan terakhir Pendeta Musa Salusu memiliki tingkat elektabilitas yang sangat baik untuk memperebutkan empat kursi DPD dari Dapil Sulsel,” katanya. 

Posisinya sebagai mantan ketua BPS dinilai mampu menambah potensi MS untuk mampu bersaing merebut kursi di DPD. 

“Faktor yang paling menguntungkan bagi Musa Salusu adalah karna posisi dan pelayanan beliau sebagai Ketua Sinode Gereja Toraja selama 10 tahun yang berjalan dengan baik dalam masa kepemimpinannya, mampu berjejaring baik ditingkat regional maupun nasional,” tuturnya. 

Kehadiran MS di ranah politik dinilai mampu menarik suara umat Kristiani untuk mendaulatnya sebagai pemenang di tahun politik di tahun 2024. 

“Olehnya itu, wajar ketika kehadiran beliau dalam kontestasi DPD saat ini dianggap sebagai representasi masyarakat Kristen di Sulawesi Selatan,” ujar Konsultant Politik MS ini. 

Tak hanya umat Kristiani, posisi MS sebagai ketua FKUB Toraja Utara juga dinilai mampu menarik suara semua kalangan dominasi agama.

“Bahkan dalam posisi beliau saat ini selaku Ketua FKUB Toraja Utara, beliaupun mendapat sentimen positif dari pemilih-pemilih muslim di Sulawesi Selatan, karna beliau mampu memperlihatkan kehidupan harmonis antar umat beragama di Toraja dalam nilai-nilai pemikiran moderasi beragama,” imbuh Gempur Amelya. (Tini)