KKI Gelar Sosialisasi Mewujudkan Dokter Berkulitas di Bogor

KKI Gelar Sosialisasi Mewujudkan Dokter Berkulitas di Bogor

 

Makassar, Upeks.co.id — Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) menggelar sosialisasi tentang mewujudkan dokter berkulitas, Hall Hotel Horison Bogor, Sabtu 20 Mei 2023.

Bacaan Lainnya
 

Diikuti sekitar 108 dokter luring, hadir langsung, dan sekitar 200 dokter berpartisipasi secara online, yang berasal dari Fakultas Kedokteran Universitas Syah Kuala, Banda Aceh, hingga Universitas Cendrawapsi Papua

Kegiata ini dimasksudkan sebagai respos Konsil Kedokteran Indonesia terhadap disrupsi global dengan melakukan optimalisasi di semua tugas dan fungsi mulai dari Pendidikan, registrasi hingga pembinaan.

Hal ini sebagai wujud komitmen KKI untuk memberikan layanan kedokteran yang berkualitas, sesuai dengan UU Praktik kedokteran No 29 tahun 2004.

Demikian disampaikan Ketua Konsil Kedokteran (KKI) Prof. Dr. Taruna Ikrar, M.Biomed, Ph.D.

“Menghadapi perubahan, diperlukan cara berpikir yang adaptif, antisipatif, kreatif, inovatif sehingga mampu memecahkan masalah yang ada, komunikasi yang baik, kemampuan bekerja sama dan saling mendukung antar pemangku kepentingan. Kami berharap kami mampu bekerjasama dan saling mendukung dalam menjalankan program pemerintah dalam praktik kedokteran, khususnya dalam situasi disrupsi global”. katanya.

Taruna Ikrar menjelaskan, untuk dapat menjalankan yang diamanatkan dalam Undang-undang Praktik Kedokteran, KKI mempunyai fungsi pengaturan, pengesahan, penetapan, serta pembinaan dokter dan dokter gigi yang menjalankan praktik dalam meningkatkan mutu pelayanan medis. Semua tugas, fungsi serta wewenang tersebut hanya dapat dilaksanakan dengan baik apabila harmonisasi antara stakeholder dapat terselenggara dengan baik. Era disrupsi akan sangat tergantung pada “Komunikasi, Kolaborasi serta Integritas” di antara KKI dengan seluruh pemangku kepentingan. Sehingga mampu dilaksanakan bersama penerima jasa kesehatan dengan satu tujuan demi kepentingan masyarakat Indonesia.

Demikian pula, pada tahun ini, kata Taruuna Ikrar, Indonesia dipercaya oleh Konsil Kedokteran Dunia IAMRA menjadi tuan rumah “the 15th General Assembly & International Conference on Regulatory” di Nusa Dua Bali, yang akan berlangsung dari tgl 6 s/d 9 November 2023. Dilanjutkan 10 s/d 13 November 2023 International Medical Conference, di Sanur Beach Convention Center, Kawasan Ekonomi Khusus Kesehatan, Bali. Dimana kedua acara tersebut akan dihadiri perwakilan 149 Negara dari seluruh dunia, serta ribuan peserta. Baik dari luar negeri dan peserta dari Indonesia.

“Semoga kita bisa mensukseskan berbagai acara Nasional dan International Konsil Kedokteran Indonesia,” katanya.(rls)