Ketua Mileanies Sulsel Asri Tadda Nyaleg di Demokrat, Ini Dapilnya

Ketua Mileanies Sulsel Asri Tadda Nyaleg di Demokrat, Ini Dapilnya

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Ketua relawan milenial Anies Baswedan (Mileanies) Sulawesi Selatan Asri Tadda akhirnya memutuskan maju sebagai bakal calon anggota legislatif DPRD Provinsi Sulawesi Selatan.

Asri mendaftar bacaleg melalui Partai Demokrat dengan daerah pemilihan Sulsel 11 yang meliputi wilayah Luwu Raya, yakni Kabupaten Luwu, Kota Palopo, Kabupaten Luwu Utara dan Luwu Timur.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut terungkap saat Asri menyerahkan berkas persyaratan sebagai bacaleg di Kantor DPD Partai Demokrat Sulsel, Jalan Mirah Seruni, Kamis (11/05/202).

Asri yang juga adalah Sekretaris Jenderal DPP Mileanies itu datang ke kantor Demokrat Sulsel bersama sejumlah relawan Mileanies.

“Alhamdulillah. Hari ini akhirnya saya memutuskan perjalanan politik saya melalui Partai Demokrat dengan berikhtiar menjadi caleg untuk DPRD Provinsi,” ungkap Asri.

Sebagai relawan Anies Baswedan, kata Asri, komitmen untuk berjuang bersama partai-partai pendukung adalah sebuah hal yang niscaya.

“Saya berlabuh di Demokrat bukan tanpa alasan. Partai ini adalah salah satu pengusung Pak Anies sebagai Capres dimana kami adalah relawan Anies yang sudah eksis sejak awal,” jelasnya.

Selain itu, tambah Asri, Demokrat juga adalah representasi partai modern, partai tengah yang platformnya nasionalis dan religius.

“Dengan keputusan ini, saya berharap dapat berkontribusi lebih luas dalam kemaslahatan dan kebermanfaatan bagi rakyat di Sulawesi Selatan, dan lebih khusus lagi Luwu Raya” jelas pria kelahiran Malili, Luwu Timur itu.

Berikut Profil Asri Tadda;

Asri Tadda adalah lelaki Wija to Luwu yang lahir di Pabeta, Desa Manurung, Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Sejak 2008 Asri bermukim di wilayah Biringkanaya, Kota Makassar.

Asri Tadda menyelesaikan pendidikan di SDN 419 Wulasi Kecamatan Malili, SMP Negeri Angkona II (sekarang SMPN 3 Luwu Timur) dan mulai hijrah ke Makassar sebagai siswa di SMU Negeri 1 Makassar tahun 1999.

Asri melanjutkan pendidikan tinggi pada Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar dan kemudian mengambil Magister Hukum Kesehatan di Fakultas Hukum di universitas yang sama. Saat ini tengah menjalani Studi Doktoral di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin.

Semasa mahasiswa, Asri Tadda pernah menjabat sebagai Ketua Umum Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar periode 2001-2002, Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Fakultas Kedokteran Unhas periode 2000-2001, dan Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Makassar Timur tahun 2001-2002.

Asri Tadda juga pernah menjadi Pengurus Besar Ikatan Pelajar Mahasiswa Indonesia Luwu Raya (PB IPMIL RAYA) tahun 2002-2004, Pengurus Pusat Ikatan Pelajar Mahasiswa Luwu Timur (PP IPMA-LUTIM) periode 2004-2005, dan Ketua Umum Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam (LKMI) HMI Cabang Makassar Timur periode 2004-2005.

Tahun 2008, Asri Tadda terpilih sebagai Juara II Tingkat Nasional Kategori Mahasiswa pada Lomba Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2008 di Jakarta mewakili wilayah Sulawesi, Maluku dan Irian Jaya. Setahun berikutnya, pada 26 Januari 2009, Asri mendirikan AstaMedia Group, perusahaan layanan internet marketing dan digital advertising di Makassar.

Selain aktif dalam dunia bisnis, Asri Tadda juga mendirikan Madising Foundation, sebuah lembaga pengkajian, penelitian dan advokasi pelayanan kesehatan di Sulawesi Selatan. Tahun 2019, Asri menerbitkan buku antologi berjudul Indonesia Masih Sakit.

Asri Tadda juga menginisiasi gerakan sosial Makassar Halal Movement (MARHAM) untuk mengampanyekan pentingnya memastikan status halal setiap  jenis makanan yang dikonsumsi masyarakat muslim di kota Makassar sejak tahun 2017.

Untuk darma baktinya kepada tanah kelahiran, Asri Tadda mendirikan The Sawerigading Institute, lembaga kajian pengembangan sumber daya Tana Luwu yang berkedudukan di Makassar.

Selain itu, Asri juga tercatat sebagai pengurus pada organisasi Majelis Daerah (MD) KAHMI Kota Makassar, Kerukunan Keluarga Luwu Timur (KKLT), Majelis Sinergi Kalam (MASIKA) ICMI Sulawesi Selatan dan Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKLR) Sulawesi Selatan.

Asri juga adalah Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMP Negeri 3 Malili Kabupaten Luwu Timur, Sekretaris Bidang Koperasi & UMKM Pengurus Pusat IKA Unhas, serta sebagai Sekretaris Biro Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Majelis Wilayah KAHMI Sulawesi Selatan.

Dalam bidang politik yang kini mulai digelutinya, Asri menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Mileanies sekaligus sebagai Ketua DPW Mileanies Sulawesi Selatan, sebuah simpul relawan yang berjuang untuk memenangkan Anies Baswedan sebagai Presiden Indonesia 2024.(mah)