Kejati Sulsel Tangkap Buronan Terpidana Penipuan Travel Haji dan Umrah 

Kejati Sulsel Tangkap Buronan Terpidana Penipuan Travel Haji dan Umrah 

 

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Tim Tangkap Buron (Tabur) Ewako Adyaksa Intelijen Kejati Sulsel, berhasil mengamankan terpidana penipuan travel haji dan umrah, H. A Muh Arwandi Muhtar Abbas dipersembunyiannya di Kompleks Perumahan Nusa Indah Hertasning VI Nomor 20, Makassar, Kamis (11/5/2023).
Penangkapan terhadap terpidana kasus penipuan buronan Kejaksaan RI asal Makassar ini, dilakukan Tim Tabur Ewako Adhyaksa Intelijen Kejari Sulsel sekira pukul 18.40 Wita.
Terdakwa menjadi buron setelah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak penipuan yang telah dinyatakan Inkracht, berdasarkan Putusan Mahkamah Agung RI tingkat Kasasi tanggal 20 Mei 2022 Nomor : 462 K/PID/2022.
Dalam putusan itu, menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penipuan. Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 1 tahun 6 bulan.
“Sudah disampaikan secara patut dengan tiga kali undangan untuk pelaksanaan eksekusi, namun yang bersangkutan menghiraukan dan tidak beritikad baik, ” kata Kasi Penkum Kejati Sulsel, Soetarmi.
Sehingga atas tindakan terdakwa itu sebut Soetaemi, menyulitkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk melakukan eksekusi. Maka Kajari Makassar melaporkan hal ini kepada Tim Tabur Intelijen Kejati Sulsel. Selanjutnya ditetapkan sebagai buronan oleh Kejaksaan RI.
“Terdakwa sudah ditetapkan buronan Kejaksaan Negeri Makassar kurang lebih 1 tahun sejak putusan pemidanaan dinyatakan Inkracht, ” sebut Soetaemi.
Buronan yang telah diamankan ini, selanjutnya diserahkan kepada Jaksa Eksekutor pada Kejaksaan Negeri Makassar untuk pelaksanaan Eksekusi di Lapas Kelas 1 A Makassar. (Jay)