JCH Pangkep Sebanyak 300 Orang, Terbanyak Asal Pangkajene

JCH Pangkep Sebanyak 300 Orang, Terbanyak Asal Pangkajene
JCH Pangkep Sebanyak 300 Orang, Terbanyak Asal Pangkajene
PANGKEP,UPEKS.co.id– Tahun ini, jamaah calon haji(JCH) Pangkep berjumlah 300 orang.
Kepala kantor kementerian agama(Kakan Kemenag) Pangkep,  Muhammad Nur Halik mengatakan, dari 300 orang JCH Pangkep, kecamatan Pangkajene terbanyak jama’ahnya berjumlah 79 orang.
“JCH kita sebanyak 300 orang, kemudian cadangan sebanyak 55 orang dan jumlah jama’ah yang telah melaksanakan pelunasan hingga hari ini sebanyak 38 orang,”ujarnya usai pelaksanaan bimbingan manasik haji tingkat kabupaten Pangkep tahun 1444 H/2023 M, di Masjid Agung  Pangkep, Selasa, (16/5/23).
Ditambahkan Nur Halik, diantara seluruh jama’ah, Khairunnisa binti Harbin yang saat ini berusia 20 tahun masuk kategori jama’ah termuda  Pangkep. Sementara Abd. Main bin Abd. Rahman yang berusia 92 tahun masuk kategori jamaah tertua.
Wakil Bupati Pangkep Syahban Sammana, menyampaikan selamat kepada JCH Pangkep yang terpilih oleh Allah SWT untuk berangkat menunaikan ibadah haji.
“Semoga perjalanan bapak, ibu sekalian menuju tanah suci, melaksanakan ibadah wajib dan sunnahnya sampai kembali ke tanah air nanti, semuanya bisa berjalan dengan lancar, sehat, barokah dan pulang menjadi haji yang mabrur dan mabruroh, amin,” katanya.
Kakanwil Kemenag Provinsi Sulsel H. Khaeroni, menyampaikan kepada seluruh JCH Pangkep untuk memanfaatkan kesempatan menunaikan ibadah haji ini dengan fokus beribadah. Sebab, ibadah haji adalah  rukun Islam kelima yang diperintahkan bagi umat islam yang mampu.
“Oleh karena itu siapkan diri dengan baik sebelum diberangkatkan ke Baitullah, seperti kesiapan fisik dengan menjaga kesehatan dan juga kesiapan pengetahuan dan pemahaman pelaksanaan ibadah haji melalui bimbingan manasik,” pesannya.
(Sah)