Hadir di PEVS 2023, PLN Ajak Masyarakat Pangkas Emisi Karbon Pakai Kendaraan Listrik

Hadir di PEVS 2023, PLN Ajak Masyarakat Pangkas Emisi Karbon Pakai Kendaraan Listrik

Jakarta, Upeks.co.id- PT PLN (Persero) mendukung penyelenggaraan Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) yang berlangsung pada 17 hingga 21 Mei 2023 di JIEXPO Kemayoran Jakarta. Berkolaborasi dengan Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo), PLN menunjukkan komitmennya bersama pemerintah untuk mencapai net zero emission di tahun 2060.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan pameran kendaraan listrik ini diharapkan dapat mengakselerasi pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Pada gelaran ini PLN membuka booth untuk menyosialisasikan penggunaan kendaraan listrik yang murah dan ramah lingkungan serta kesiapan infrastruktur supporting.

Bacaan Lainnya
 

“Untuk mendukung adopsi kendaraan listrik di Indonesia, Kolaborasi BUMN turut berpartisipasi dalam kegiatan ini untuk mengajak masyarakat peduli dan terlibat aktif dalam menjaga lingkungan dengan beralih ke kendaraan listrik,” kata Darmawan.

Dirinya mengatakan beralih ke kendaraan listrik menjadi pilihan strategis mengingat sektor transportasi menjadi salah satu penyumbang utama emisi karbon di Indonesia.

Darmawan juga membandingkan emisi dari kendaraan BBM dan listrik. Dimana 1 liter BBM sama dengan 1,2 kWh listrik, tetapi emisi karbon 1 liter BBM adalah 2,4 kg CO2e sedangkan emisi karbon 1,2 kWh listrik adalah 1,3 kg CO2e.

“Artinya menggunakan kendaraan listrik ini, sudah mengurangi hampir 50 persen emisi karbon,” tambah Darmawan.

Darmawan juga menjelaskan bahwa penggunaan kendaraan listrik akan bermanfaat terhadap kedaulatan energi nasional. Di mana adanya peralihan dari energi berbasis impor yang kotor dan mahal menuju energi berbasis domestik yang murah dan bersih.

“PLN berkomitmen untuk bersama-sama membangun sebuah ekosistem kendaraan listrik yang kokoh, produktif dan berdaya saing. Tujuannya untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan memberikan manfaat ekonomis bagi pengguna kendaraan listrik, serta mewujudkan kedaulatan energi nasional,” tambah Darmawan.

Sebagai komitmen mendukung peralihan ke kendaraan listrik PLN memastikan ketersediaan pasokan listrik. Tidak hanya itu PLN juga telah mengoperasikan sebanyak 616 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan 1.163 unit Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di seluruh Indonesia.

Darmawan mengajak kepada seluruh masyarakat untuk berkunjung ke _booth_ PLN di PEVS 2023 dan membuktikan sendiri kelebihan menggunakan kendaraan listrik. Dalam pameran ini masyarakat berkesempatan untuk melakukan test drive kendaraan listrik secara langsung. Di samping itu pengunjung juga dapat langsung mengakses insentif yang diberikan pemerintah untuk pembelian kendaraan listrik dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

“Kami mengajak masyarakat untuk berkunjung ke booth PLN, pada kesempatan ini masyarakat bisa langsung menjajal kendaraan listrik dan motor konversi melalui test drive yang disediakan. Peralihan menuju transportasi berbahan bakar listrik adalah revolusi bersama menuju masa depan transportasi yang lebih murah dan ramah lingkungan,” pungkas Darmawan. (rls)

Pos terkait