Atlet Sulsel Boyong 11 Medali dari Ajang Sea Games 2023 Kamboja, Yasir Machmud Sujud Syukur

Atlet Sulsel Boyong 11 Medali dari Ajang Sea Games 2023 Kamboja, Yasir Machmud Sujud Syukur

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel, Yasir Machmid dengan penuh syukur meluapkan kegembiraannya atas prestasi gemilang yang diraih oleh 14 atlet asal Sulawesi Selatan pada ajang SEA Games di Kamboja, 5 hingga 17 Mei 2023.

Sujud Syukur ini dilakukan saat tengah menyaksikan kemenangan 5-2 laga final sepak bola Indonesia melawan Vietnam.

Bacaan Lainnya
 

Adapun 14 atlet sulsel yakni sepak takraw enam orang; Hardiansyah Muliang, Rusdi, Andi Trisandi Putra, dan Diky Apriadi, serta petakrow wanita Kusnelia dan Fuji Anggreini. Karate Sulsel mengirim empat orang yakni; Andi Dasril, Andi Tomy, Albyadi, dan Krisda putri aprilia.

Selain itu ada Anwar Tarra atlet dayung, Rahmat Erwin Abdullah Angkat Besi/Berat, Ismail Kadir Atler Bilyar dan Ananda Raihan pemain PSM yang memperkuat tim sepak bola Indonesia.

Atlet-atlet asal Sulawesi Selatan berhasil mengukir prestasi yang membanggakan dengan mempersembahkan total enam medali emas, dua medali perak, dan tiga medali perunggu.

Keberhasilan ini membuktikan bahwa olahraga di Sulawesi Selatan semakin berkembang dan mampu bersaing di kancah internasional. Saat ini Indonesia berada pada rangking tiga dengan perolehan 87 medali emas, selisih enam medali emas di atas ruan rumah kamboja dengan 81 medali emas.

Pada cabor Sepaktakraw, atlet sulsel meraih prestasi yang mengesankan dengan meraih dua medali emas, satu medali perak, dan dua medali perunggu. Sementara itu, atlet Karate asal Sulawesi Selatan mempersembahkan satu medali perak dalam kategori kata beregu putra dan satu medali perunggu dalam kategori kata perorangan putri.

Atlet Dayung Sulsel Anwar Tarra mencatatkan kehebatannya dengan meraih dua medali emas pada nomor Dragon Boat 500 Meter dan 800 Meter Putra 12 Crew.

Sedangkan, atlet Angkat Besi asal Sulsel Rahmat Erwin Abdullah berhasil meraih medali emas dan memecahkan tiga rekor dunia pada nomor Men’s 81 Kg, 158 kg dan 201 kg. Dan laga terakhir sepak bola Indonesia menang melawan vietnam pada laga final.

Yasir Machmud menyatakan bahwa atlet Indonesia, khususnya dari Sulsel semua hebat dan berprestasi. Hanya Ismail Kadir yang gugur saat memasuki perempat final laga biliard. “Tapi hal itu sudah sangat membanggakan bagi Sulawesi Selatan,” tandasnya.

Sehari sebelum tim Indonesia berangkat ke SEA Games, Yasir Machmud bersama H.Suherman Kadispora Sulawesi Selatan mewakili Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, mengunjungi ke-14 atlet tersebut di Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, mereka memberikan motivasi dan semangat kepada para atlet untuk terus berprestasi, Kadispora menyampaikan salam dari Pak Gubernur dan menjanjikan bonus kepada mereka ketika membawa pulang medali.

Yasir Machmud mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, terutama para Pengprov Cabor Sepaktakraw, Karate, Dayung, Angkat Besi/Angkat Berat, Bilyard, dan PSM serta Cabor Sepak Bola. Ia juga mengungkapkan terima kasih kepada kanda Ellong Tjanra, mantan Ketua Umum KONI Sulawesi Selatan sebelumnya, yang terus memantau perkembangan atlet Sulawesi Selatan, terutama dalam cabang Karate.

Prestasi yang diraih oleh para atlet Sulawesi Selatan di SEA Games ini menjadi inspirasi bagi cabor lainnya dan motivasi bagi perkembangan olahraga di Sulawesi Selatan.

Keberhasilan mereka membuktikan potensi besar yang dimiliki oleh atlet-atlet daerah ini dan semakin mendorong kemajuan prestasi olahraga di Sulawesi Selatan. “Terimakasih pak Gubernur Andi Sudirman Sulaiman, support terus kami untuk memajukan olahraga di Sulawesi Selatan,” tutup Yasir Machmud.(mah)