66 Persen Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam Unismuh Sukses Lulus Sertifikasi Dosen

66 Persen Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam Unismuh Sukses Lulus Sertifikasi Dosen

MAKASSAR, UPEKS.co.id – Prestasi gemilang diraih oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh), dengan 66 persen dosen prodi tersebut telah berhasil lulus sertifikasi dosen. Hal ini diungkapkan oleh Nurhidaya Muhtar, Ketua Prodi PAI Unismuh, di Kampus Unismuh pada Kamis, 11 Mei 2023.

“Keberhasilan ini menjadi bukti nyata komitmen PAI Unismuh dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan staf pengajar. Alhamdulillah, dari total 24 dosen yang ada di Program Studi Pendidikan Agama Islam, sebanyak 16 orang telah memperoleh sertifikasi dosen,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Sertifikasi dosen merupakan sebuah proses penting yang mengukuhkan kompetensi akademik dan profesionalisme dosen dalam melaksanakan tugas pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Dengan lulusnya sertifikasi dosen, ke-16 dosen PAI Unismuh ini menunjukkan kualitas dan kompetensi yang mereka miliki dalam bidang keilmuan agama Islam.

Nurhidaya Muhtar, Ketua Prodi PAI Unismuh, menyampaikan kebanggaannya terhadap prestasi ini. Ia mengungkapkan, “Keberhasilan lulusnya sertifikasi dosen ini merupakan bukti nyata komitmen kami dalam meningkatkan kualitas pendidikan di bidang Pendidikan Agama Islam. Dosen-dosen kami telah menunjukkan dedikasi dan kerja keras mereka untuk terus belajar dan mengembangkan diri dalam rangka memberikan pendidikan yang berkualitas kepada mahasiswa.”

Prestasi ini juga didukung oleh akreditasi unggul yang diperoleh Prodi PAI Unismuh dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) beberapa waktu lalu. Akreditasi unggul tersebut menjadi bukti tambahan akan kualitas program studi dan tenaga pengajar di PAI Unismuh. Dengan kualitas dosen yang teruji dan akreditasi yang unggul, Unismuh semakin meneguhkan posisinya sebagai perguruan tinggi yang berkomitmen dalam memberikan pendidikan agama Islam yang bermutu.

Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam, kata Nurhidaya, Prodi PAI Unismuh terus mendorong dosen-dosennya untuk terus mengembangkan diri melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Dosen-dosen tersebut aktif dalam mengikuti seminar, konferensi, dan pelatihan-pelatihan terkait bidang keilmuan agama Islam. Dengan demikian, mereka dapat terus meng-update pengetahuan dan kemampuan mengajar mereka sehingga dapat memberikan pendidikan yang terbaik kepada mahasiswa,” ungkapnya.

Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Unismuh Dr Amirah Mawardi menyambut gembira pencapaian ini. Ia mengungkapkan apresiasi dan penghargaan kepada dosen-dosen Prodi PAI Unismuh yang telah lulus sertifikasi, serta berterima kasih atas dedikasi mereka dalam mencapai standar keunggulan dalam pendidikan.

Dekan FAI Unismuh juga menekankan pentingnya pengembangan dosen yang berkualitas untuk mendukung visi dan misi Unismuh dalam menghasilkan lulusan yang kompeten dan berintegritas.

“Keberhasilan 66 persen dosen Prodi Pendidikan Agama Islam Unismuh dalam lulus sertifikasi dosen menjadi bukti nyata bahwa universitas ini memiliki tim pengajar yang profesional dan kompeten dalam bidangnya. Selain itu, hal ini juga mencerminkan komitmen Unismuh dalam menghadirkan pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan zaman,” ujarnya.

Tidak hanya itu, kata Amirah, keberhasilan Prodi PAI Unismuh ini juga memberikan dampak positif terhadap reputasi dan citra universitas. Unismuh semakin dikenal sebagai lembaga pendidikan tinggi yang memiliki tenaga pengajar berkualitas dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

“Insyaallah, hal ini juga dapat menarik minat calon mahasiswa untuk memilih Unismuh sebagai tempat untuk mengejar pendidikan agama Islam yang berkualitas,” tutup Dekan FAI Unismuh ini. (aca)