Kaswadi Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2023

Kaswadi Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2023

SOPPENG, UPEKS.co.id – Polres Soppeng melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2023 dalam rangka pengamanan hari raya Idul fitri 1444 H, di halaman Mapolres Soppeng, Senin, 17 April 2023.

Apel gelar pasukan ini ditandai pemasangan pita operasi keselamatan Pallawa 2023 kepada masing-masing perwakilan TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan Satpol PP oleh Bupati Soppeng H Andi Kaswadi Razak dan Kapolres Soppeng.

Bacaan Lainnya

Kapolres Soppeng, AKBP, Muhammad Yusuf Usman yang bertindak selaku pemimpin apel sekaligus membacakan sambutan seragam Kapolri Jenderal Drs Listyo Sigit Prabowo MSi mengatakan, Polri bersama stakeholder terkait, berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara optimal, melalui operasi terpusat dengan sandi Ketupat 2023 selama 14 hari sejak 18 April sampai 1 Mei 2023.
Operasi ini telah diawali dengan KRYD tanggal 10-16 April 2023 yang akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 2-9 Mei 2023.

Lanjut dikatakan, demi kelancaran arus mudik dan balik, maka dilakukan pembatasan operasional angkutan barang, terdapat klasifikasi angkutan yang masih diizinkan beroperasi seperti kendaraan pengangkut BBM, hantaran uang, hewan ternak, pupuk dan bapokting.

Pastikan kendaraan-kendaraan tersebut dilengkapi surat muatan yang ditempelkan pada kaca kendaraan sebelah kiri, sehingga mempermudah proses pemeriksaan. Apabila masih ditemukan kendaraan angkutan yang masih beroperasi di luar ketentuan, maka segera lakukan penindakan.

“Perlu saya tekankan terkait permasalahan Laka Lantas. Optimalkan langkah-langkah preventif dengan menempatkan personil dan melengkapi rambu pada titik-titik rawan kecelakaan,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Di samping itu, dia ingatkan masyarakat untuk memastikan kelayakan kendaraan sebelum digunakan. Lakukan penguatan edukasi tertib berlalu lintas, imbau pengemudi untuk memastikan kondisi kesehatan dan segera beristirahat apabila mengalami kelelahan.

“Apabila terjadi Lakalantas segera lakukan penanganan secara tepat untuk menolong korban, serta upayakan jangan sampai berimplikasi terhadap kemacetan yang parah,” ujarnya.

Kapolri menambahkan, berbagai langkah dalam Operasi Ketupat 2023 diharapkan mampu berjalan dengan baik, sehingga dapat memastikan kelancaran hari raya Idulfitri 1444 Hijriyah serta mewujudkan mudik yang aman dan berkesan begitu pula pada saat arus balik.

“Mari kita perkuat sinergitas dan soliditas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut merupakan kunci keberhasilan Operasi Ketupat 2023,” ujarnya.

Setelah apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2023, dilanjutkan pemusnahan barang bukti (BB) hasil patroli rutin Polres Soppeng berupa miras pabrikan, miras oplosan, makanan kedaluwarsa, dan kosmetik ilegal oleh Bupati Soppeng, Ketua DPRD, anggota Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama Watansoppeng. (*)

Pos terkait