Indahnya Kerukunan, Umat Muslim Desa Madandan Buka Puasa Bersama Pendeta

Indahnya Kerukunan, Umat Muslim Desa Madandan Buka Puasa Bersama Pendeta

Madandan, Upeks– Masjid Jami Madandan, yang berlokasi di Lembang (Desa) Madandan, Kecamatan Rantetayo, Kabupaten Tana Toraja kembali menggelar buka puasa bersama dengan melibatkan umat Kristiani, Sabtu 15 April 2023.

Kegiatan buka puasa bersama yang digelar di Masjid tertua di Kab. Tana Toraja ini dihadiri tokoh lintas agama, tokoh mayarakat, Pendeta dan Majelis Gereja Toraja Jemaat Dulang Madandan serta pemerintah setempat.

Bacaan Lainnya
 

Pendeta Calvein, S.Th dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah merupakan program Majelis Gereja dalam rangka pembinaan kerukunan antar umat beragama, dimana tahun ini difokuskan kepada umat muslim yang sedang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

“Ini program yang digagas oleh Majelis Gereja dalam rangka membina kerukunan umat beragama, terutama dengan saudara kami dari umat muslim yang tengah melaksanakan  kegiatan ibadah puasa ramadhan 1444 H,” ungkap Pendeta Calvein dihadapan jemaah Masjid Jami Madandan.

Ketua Pengurus Masjid Jami Madandan, Sampe Baralangi menyambut baik dan berterima kasih atas kunjungan silaturrahmi Jemaat Gereja Toraja dari Lembang Dulang Madandan, yang datang dengan membawa hantaran takjil atau kudapan buka puasa.

“Kami atas nama jemaah Masjid Jami Madandan menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan ini. Acara buka puasa bersama dengan Umat Kristiani telah menjadi agenda tahunan di masjid Jami Madandan. Ini sudah lumrah bagi kami di Madandan,” kata Sampe Baralangi manambahkan.

Lanjut disampaikan Sampe Baralangi bahwa kegiatan ini sejalan dengan program Kementerian Agama RI untuk mewujudkan Moderasi Beragama menuju Toleransi dan Kerukunan umat beragama.

“Sebelum toleransi dan moderasi beragama digaungkan, masyarakat lembang Madandan sudah mempraktikkan itu dalam kehidupan kesehariannya. Masjid Jami Madandan yang merupakan masjid tertua di Tana Toraja ini dibangun melalui gotong royong bersama dengan berbagai pemeluk umat beragama, seperti Kristian, Katolik dan Aluk Todolo,” pungkas Sampe Baralangi yang saat ini menjabat sebagai Kepala MTsN 1 Tana Toraja. (rls)