Di Sulawesi, Amartha Digitalisasi 2.500  UMKM Lewat Kemitraan Agen AmarthaOne

Di Sulawesi, Amartha Digitalisasi 2.500  UMKM Lewat Kemitraan Agen AmarthaOne
MAKASSAR, UPEKS.co.id — Amartha sebagai prosperity platform yang berfokus pada penyediaan layanan keuangan dan teknologi inklusif bagi UMKM akar rumput, mengembangkan program kemitraan agen AmarthaOne, yakni program yang memfasilitasi para agen untuk dapat memberikan layanan keuangan digital di pedesaan.
Head of New Retail Amartha Aditya Pratomo menuturkan AmarthaOne ditujukan untuk memperkecil gap ketimpangan layanan keuangan digital di pedesaan lewat teknologi yang inklusif dan mudah digunakan oleh para pelaku usaha ultra mikro.
Selain itu, program ini juga memberikan peluang untuk mengambil peran aktif dalam menciptakan ekosistem ekonomi digital di pedesaan yang mudah, dekat, dan aman.
“Terhitung sejak pertengahan 2022, Amartha telah berhasil menjangkau lebih dari 10,000 agen AmarthaOne yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. Pulau Sulawesi merupakan salah satu pulau dengan tingkat digitalisasi yang cukup tinggi, terlihat pada signifikannya peningkatan jumlah agen AmarthaOne yang mencapai 2,500 agen dalam waktu beberapa bulan,” tandas Aditya, di Hotel Rinra, Kamis (13/4/2023).
Ia menyebutkan saat ini program kemitraan agen AmarthaOne telah tersedia di 17 wilayah operasional Amartha, di antaranya di Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra Barat, Sumatra Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan lain-lain.
“Di Sulawesi Selatan (Sulsel) Tahun 2022
secara umum, Amartha mencatatkan pertumbuhan bisnis yang positif selama tahun 2022 lalu dengan persentase tumbuh 93 persen (YoY) atau hampir 2x lipat dari total dana yang disalurkan sebelumnya mencapai Rp2,4 triliun, kini mencapai Rp4,8 triliun,” ungkapnya.
Aditya mengatakan pertumbuhan bisnis tersebut turut didukung oleh porsi total pendanaan di area pulau Sulawesi khususnya Sulawesi Selatan yang mencapai lebih dari 400 miliar rupiah dan menjangkau 78 ribu UMKM.
“Sebagai perusahaan yang fokus pada aspek keberlanjutan, Amartha akan fokus mengembangkan program kemitraan agen AmarthaOne yang semakin terintegrasi, inklusif, dan dapat menciptakan dampak ekonomi bagi pelaku usaha ultra mikro,” tandas Aditya.
Menurut Aditya beberapa strategi dalam
meningkatkan ekspansi nasional ke seluruh cabang operasional Amartha serta memberdayakan sosialisasi layanan AmarthaOne melalui program #AgenNaikKelas yang lebih masif.
“Memberikan intervensi berupa pelatihan tentang pemasaran dan manajemen keuangan kepada calon agen agar lebih siap untuk memulai bisnis sebagai agen Amartha,” tukasnya. (aca)